Antisipasi Pandemi, Dokter Spesialis dari UI Ini Sarankan Tunda Liburan

loading...
Antisipasi Pandemi, Dokter Spesialis dari UI Ini Sarankan Tunda Liburan
Dokter spesialis penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Alvina Widhani mengingatkan pentingnya melindungi keluarga dari Corona. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Alvina Widhani mengingatkan pentingnya melindungi keluarga dari potensi terpapar Covid-19. Apalagi, bila sudah memiliki rencana berlibur keluar kota.

(Baca juga: Dalam 1 Tahun Bekerja, Jaksa Agung Selamatkan Uang Negara)

Alvina mengungkapkan kasus Covid-19 di Indonesia masih meningkat pesat. Hingga kemarin, jumlah terkonfirmasi positif mencapai hampir 393 ribu kasus dengan angka kematian mencapai lebih dari 13 ribu orang.

(Baca juga: Waspada Hujan dan Angin Dampak Siklon Tropis Molave)



"Di tengah pandemi ini, kalau tidak urgen, tidak emergency (darurat), kalau tidak perlu keluar kota, tidak perlu ke tempat yang berkerumun, ya (liburan) ditunda dulu," tegas Alvina dalam diskusi bertema Jitu Jaga Imunitas Saat Liburan Panjang yang digelar secara daring, Selasa (27/10/2020).

Jika dalam keadaan terpaksa, Alvina menganjurkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, memakai masker dan pelindung wajah (face shield). Sebab, berdasarkan penelitian telah menunjukkan pemakaian kedua alat tersebut lebih efektif mengurangi risiko tertular Covid-19.

Secara khusus, proteksi tersebut diprioritaskan terhadap orang tua atau anggota keluarga yang sudah lanjut usia (lansia). Menurut dia, mereka memiliki tingkat kerentanan yang tinggi dari penularan virus Corona.



Selain menghindari lokasi yang ramai, Alvina juga menyarankan agar memilih tempat liburan dengan ruangan yang lebih terbuka dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top