Kemensos Klaim Realisasi Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Capai 82%

loading...
Kemensos Klaim Realisasi Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Capai 82%
Menteri Sosial Juliari P Batubara (kanan) memberikan uang bantuan pemerintah kepada warga saat meninjau pencairan bantuan sosial tunai (BST) di Curug, Tangerang, Banten, Sabtu (25/4/2020). FOTO/ANTARA/Muhammad Iqbal
A+ A-
JAKARTA - Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama mengatakan, saat ini realisasi penyaluran bantuan sosial tunai yang diberikan pemerintah melalui Kemensos telah menyentuh angka 82%.

"Realisasi bantuan sosial tunai, alhamdulillah sudah menyentuh 82% secara nasional. Jadi bantuan sosial yang ada di lingkup Direktorat Jenderal Fakir Miskin sekarang 82% ya, alhamdulillah kami syukuri, tentu sukses ini bukannya hanya kerja Kemensos," kata Asep dalam diskusi virtual Bantuan Sosial Tunai Dukung Masyarakat saatPandemi, Senin (26/10/2020).

Untuk diketahui, bantuan sosial tunai diberikan kepada 9 juta kepala keluarga penerima manfaat. Khususnya bagi keluarga miskin rentan, dan terkena dampak Covid-19. "Kemudian siapa sih? Mereka yang terkena dampak Covid. Umumnya dan bagi keluarga yang miskin, rentan yang terkena dampak Covid," kata Asep. (Baca juga: Pemkab Sleman Coret 7.359 Penerima Bantuan Sosial Tunai)

Ia mengatakan, bantuan ini diberikan dua gelombang. "Gelombang pertama itu diberikan dari bulan April sampai dengan bulan Juni. Itu indeks bantuanya sebesar Rp600.000,- ya kali 9 juta dari bulan April, Mei sampai Juni. Indeksnya Rp600.000,- ya," katanya.



Kemudian karena eskalasi Covid-19 ini masih berlangsung, Presiden Jokowi memerintahkan untuk melakukan perpanjangan. "Kemudian indeksnya disesuaikan. Kemudian selama enam bulan kemudian, dari bulan Juli, Agustus, September, Oktober November, Desember naik menjadi Rp300.000,- jadi tidak Rp600.000 tapi Rp300.000. Sebetulnya kalau ada keluarga yang menjadi sasaran, tiga bulan pertama mendapatkan Rp600.000, kemudian enam bulan kemudian Rp300.000," kata Asep. (Baca juga: Mensos dan Wali Kota Semarang Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial Tunai)
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top