Tak Sekadar Puntung Rokok, Ini Temuan Polisi Dalam Kebakaran di Kejagung

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 08:10 WIB
loading...
Tak Sekadar Puntung Rokok, Ini Temuan Polisi Dalam Kebakaran di Kejagung
Bareskrim Polri menyebut nyala api terbuka atau open flame yang berasal dari bara rokok menjadi penyebab utama kebakaran di Kejagung. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Bareskrim Polri menyebut nyala api terbuka atau open flame yang berasal dari bara rokok menjadi penyebab utama kebakaran di Lantai 6 Gedung Kepegawaian Kejaksaan Agung (Kejagung). Api dengan cepat menyebar karena adanya bahan pembersih yang mudah terbakar.



Bahan minyak tersebut terdapat di setiap lantai yang digunakan oleh petugas cleaning service untuk membersihkan Gedung Kejagung. Minyak itu juga mengandung bahan-bahan yang mudah terbakar, yakni solar dan tiner. Hal ini terbukti dari ditemukannya bekas solar dan tiner di setiap lantai gedung yang terbakar. (Baca: Inilah Dosa yan Lebih Besar daripada Zina)

“Dari hasil penyelidikan dan penyidikan yang kami lakukan, bukan karena arus pendek, tapi karena open flame atau nyala api terbuka. Nyala api terbuka ini menurut ahli bisa disebabkan oleh dua, yaitu karena bara api atau karena penyulutan api," ungkap Direktur Tindak Pidana Umum (Dirpidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo saat konferensi pers kemarin.

Dalam kasus ini polisi menetapkan delapan orang tersangka. Masing-masing mempunyai peran berbeda. Empat tersangka berprofesi sebagai tukang bangunan, yakni T, H, S, dan K. Beda dengan itu, UAM adalah mandor bangunan dan IS pekerja wallpaper. Polri juga menetapkan bos perusahaan yang memproduksi bahan pembersih yang memicu kebakaran berinisial R. Selain itu, pejabat pembuat komitmen (PPK) Kejagung berinisial NH turut menjadi tersangka.

Kepala Puslabfor Bareskrim Polri Brigjen Pol Ahmad Haydar mengungkapkan, pertama kali yang ditemukan adalah beberapa abu arang, baik dari lantai dasar sampai lantai 6. Kemudian pihaknya menemukan beberapa CCTV yang keseluruhannya dalam keadaan hangus terbakar. “Kami menemukan ada tujuh titik abu arang yang mengandung senyawa hidrokarbon fraksi solar. Kemudian setelah dilakukan pendalaman oleh saksi, baru jelas tadi," tuturnya. (Baca juga: Daftar Aplikasi dan Situs untuk Bantuan Kuota Data Ditambah)

Selanjutnya ditemukan cairan botol di tiap lantai. Botol tersebut ada lubang-lubangnya dan masih ada kandungan senyawa solar. Dari hasil penyelidikan berikutnya, barang tersebut banyak ditemukan di gudang. “Kalau yang di gudang masih dalam keadaan utuh. Dalam keadaan itu, setelah kami cek, kandungannya solar, bensin, dan pewangi. Tapi ketika sudah digunakan, otomatis pewanginya menguap dan bensinnya menguap, tinggal senyawa hidrokarbon fraksi solar," papar Haydar.

Puslabfor juga menganalisis alat pel di Kejagung. Sejumlah temuan ini memang menyebabkan kebakaran Kejagung yang begitu hebat. "Begitu juga dengan alat pelnya, dan ini digunakan tiap hari selama sekian lama karena kandungan yang dipakai mengandung kayu dan ada beberapa dari keramik. Gedung itu memang isinya ornamen-ornamen kayu maupun kertas yang ada di dalam," ungkapnya.

Haydar kemudian menjelaskan mengapa dalam kebakaran Gedung Kejagung api dari atas bisa merembet ke bawah. Apa penyebabnya? Menurut dia, akseleran yang dipakai menggunakan ACP-ACP dan ACP-ACP inilah akseleran api dari atas kemudian turun ke lantai 5, turun ke lantai 4, begitu seterusnya menjalar hingga lantai dasar. “Api kemudian masuk ke tiap lorong. Pola-pola api itu tampak sekali. Yang mengawali itu seluruhnya lantai 6," katanya.

Guru besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University Bambang Hero Saharjo membeberkan bagaimana kebakaran Gedung Kejagung cepat menyebar ke seluruh lantai lantaran suhu api yang tinggi dan mampu menembus kaca. “Kenapa seluruh gedung sampai terbakar karena apinya menembus kaca dan suhunya itu yang dijebol sekitar 120 derajat sehingga dari situ memakan atau mengonsumsi ACP (akseleran). Itu indikasi awal kami sehingga dari situ kami menyimpulkan bahwa memang betul yang disampaikan Pak Direktur (Dirtipidum), kejadian itu terjadi di lantai 6," ujarnya. (Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Tulang)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2629 seconds (0.1#10.140)