Pandemi COVID-19 Momentum Indonesia untuk Mandiri

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 05:11 WIB
loading...
Pandemi COVID-19 Momentum Indonesia untuk Mandiri
Anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati mengatakan mereka ini harus terus didorong dan difasilitasi oleh pemerintah agar terus berkarya. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Pandemi COVID-19 tidak melulu membuat berhenti beraktivitas. Pandemi ini justru memacu para akademisi di perguruan tinggi dan peneliti di sejumlah lembaga untuk berinovasi menciptakan alat kesehatan (alkes), obat, dan vaksin COVID-19 .

Anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati mengatakan mereka ini harus terus didorong dan difasilitasi oleh pemerintah agar terus berkarya. Pemerintah bisa mengerahkan badan usaha milik negara (BUMN) bidang kesehatan untuk menjadi fasilitator buat karya-karya anak bangsa itu. (Baca juga: Pengetesan Spesimen COVID-19 Lampaui Standar WHO, Doni: Berada Pada Posisi 82,51%)

“BUMN, seperti Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma itu bisa menjual produk-produk dari perguruan tinggi kita (dalam negeri),” ujarnya Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu saat dihubungi SINDOnews, Kamis (22/10/2020).

Saat pandemi ini, akademisi dan para peneliti telah menciptakan ventilator, rapid tes, dan pendeteksi COVID-19 bernama GeNose. Hanya untuk pengembangan vaksin Indonesia sedikit tertinggal dengan negara lain.

“Untuk vaksin butuh waktu lama di dalam uji klinis sehingga kita menyetujui di masa transisi ini menggunakan Sinovac. Akan tetapi, vaksin merah putih harus tetap dilanjutkan,” tuturnya.

Di luar kerja keras dan usaha para akademisi dan peneliti itu, Kurniasih mengkritik pemerintah yang gagap menghadapi situasi pandemi COVID-19. Indonesia sudah terlalu lama bergantung pada produk luar.

“Ketika dari luar tidak bisa suplai, kita kelabakan. Ini tidak boleh terulang. Ini harus menjadi momen pembelajaran berarti buat Indonesia. Indonesia mampu (berkarya) karena memiliki anak bangsa yang berkualitas, cerdas, kreatif, dan inovatif,” jelasnya.

Dia meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menginstruksikan jajarannya agar menyukseskan kemandirian bangsa dalam membuat alat kesehatan dan vaksin di masa pandemi. Juga untuk mengelola dan memproduksi barang lainnya di luar bidang kesehatan. (Baca juga: Minta Daerah Antisipasi Penyebaran COVID-19 Saat Libur Panjang, Ini 11 Arahan Mendagri)

“Di masa pandemi ini banyak UMKM yang muncul dan menghasilkan produk lain, seperti masker dan lainnya. Tidak hanya kesehatan saja, tetapi Indonesia harus didorong mampu mandiri memenuhi kebutuhan-kebutuhan kehidupan (lain),” pungkas Kurniasih.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)