Satgas Covid Ungkap Kecemasan Jokowi Jelang Libur Panjang

loading...
Satgas Covid Ungkap Kecemasan Jokowi Jelang Libur Panjang
Presiden Joko Widodo. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan saat libur panjang.

Kewaspadaan penting agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 usai liburan. Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan tanggal 28 Oktober dan 30 Oktober sebagai cuti bersamaMaulid Nabi Muhammad SAW.

“Kita tidak boleh lengah, kita tidak boleh kehilangan kewaspadaan. Kehilangan kewaspadaan akan dapat dengan cepat membalikkan keadaan yang semula yang terkendali menjadi tidak terkendali,” tutur Doni dalam diskusi virtual Potensi Penyebaran Covid-19 Ketika Libur Panjang dari Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (21/10/2020).

“Kenapa demikian? Setelah kembali dari cuti atau libur panjang pada Agustus yang lalu, yang saya katakan peningkatan kasus maka kita mengalami hal yang sangat mengkhawatirkan,” lanjut Doni.(Baca juga:Libur Akhir Oktober, Menhub Prediksi Terjadi Kenaikan Penumpang Sebanyak 20%)



Peningkatan kasus Covid-19 pada saat periode libur panjang lalu juga menambah angka kematian para dokter. “Kami mencatat, mohon maaf angka kematian dokter pada periode akhir Juli dan Agustus serta September itu termasuk yang tertinggi selama 7 bulan terakhir. Jadi artinya apa? Ketika kasus-kasus positif itu meningkat pasien di rumah sakit bertambah maka secara paralel data yang kami terima, angka kematian dokter pun bertambah,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Doni, libur panjang kali ini jangan sampai menimbulkan masalah baru. “Bapak Presiden wanti-wanti benar, mengingatkan, beliau sangat kuatir apabila libur panjang ini tidak disiapkan dengan baik, maka kasus penambahan positif Covid itu kemungkinan besar ya, kemungkinan besar pasti akan meningkat,” ujarnya.

Sekali lagi, sambung Doni, semua dituntut untuk mematuhi protokol kesehatan selama liburan. Menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan juga tentunya harus selalu sering mencuci tangan. “Serta juga jangan lupa untuk tetap berdoa untuk memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Tuhan yang maha kuasa agar kita senantiasa diberikan perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” katanya.(Baca juga:Hadapi Liburan Panjang 28 Oktober, TMII Tingkatkan Protokol Kesehatan)



Termasuk juga, tambah Doni senantiasa meningkatkan imunitas tubuh untuk tetap olahraga teratur, istirahat yang cukup, makanan yang bergizi, tidak boleh panik, harus gembira dan juga minum vitamin. “Itu hal-hal yang harus kita siapkan. Karena tanpa ada suatu kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah ini kita akan kesulitan ya,” tuturnya.

(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top