KPI Ungkap Alasan Kenapa Masih Ada Program Televisi yang Buruk

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:30 WIB
loading...
KPI Ungkap Alasan Kenapa Masih Ada Program Televisi yang Buruk
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta masyarakat menjadi bagian dari Literasi Sejuta Pemirsa untuk penyiaran televisi yang lebih berkualitas. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) , Hardly Stefano meminta masyarakat menjadi bagian dari Literasi Sejuta Pemirsa untuk penyiaran televisi yang lebih berkualitas. Dengan begitu televisi senantiasa menghadirkan informasi yang benar, hiburan yang sehat, dan bisa memberikan inspirasi positif kepada masyarakat.

Hardly mengatakan, dengan perkembangan teknologi digital saat ini, semua orang sudah bisa membuat konten sebenarnya. "Siapa pun kita bisa membuat konten. Tetapi belum tentu semua bisa membuat konten dengan tingkat profesional sebagaimana yang dibuat oleh tim-tim di televisi maupun teman-teman televisi lainnya," katanya dalam acara Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa dengan tema "Berkreasi Melalui Media Penyiaran di Era Digital" secara virtual, Rabu (21/10/2020).

"Di sisi lain tentu kita berharap televisi senantiasa menghadirkan informasi yang benar, hiburan yang sehat, bisa memberikan informasi atau inspirasi positif kepada masyarakat. Itu harapan kita," kata Hardly. ( )

Hanya di kondisi seperti ini, kata Hardly, seringkali ada pertanyaan, kenapa masih ada program siaran yang buruk? Kenapa masih ada program siaran yang tidak berfaedah? "Yang ingin saya sampaikan, bahwa tujuan ketika lembaga penyiaran akan membuat program, pertimbangannya adalah seberapa banyak penontonnya. Jadi kalau penonton banyak program siaran itu akan terus diproduksi, akan terus ditayangkan," katanya.

Sebaliknya, kata Hardly, jika penonton program tersebut semakin berkurang, maka sebaik apapun program siaran itu dikemas, sebaik apapun value yang berusaha disampaikan, biasanya tidak diproduksi lagi.

"Karena apa? Kalau penontonnya banyak bisa mendapatkan pemasang iklan. Karena pemasang iklan itu yang membiayai produksi, begitu kan. Nah kalau penontonnya sedikit pemasang iklannya sedikit, sehingga tidak ada yang membiayai proses produksi ini," kata Hardly.

Lalu, kenapa menjadi penting? "Ini bagian dari yang kami di KPI ingin mendorong teman-teman semua para pemirsa semua, seluruh masyarakat Indonesia untuk kemudian menjadi bagian dari gerakan literasi (Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa) untuk menjadi bagian dari pemirsa yang telah memiliki kapasitas literasi yang baik dengan pemirsa yang kemudian mampu menyeleksi atau memilih program siaran," kata Hardly. ( )

Ia meminta masyarakat untuk pertama, pilihlah program-program siaran yang berkualitas. "Kedua, kritis ketika ada program siaran yang dianggap berdampak atau berpotensi membuat dampak negatif dapat dilaporkan kepada KPI," katanya.

"Lalu ketiga, harapan kita melalui gerakan literasi ini yang paling penting tetapi seringkali dilupakan oleh pemirsa, oleh netizen yaitu adalah mengapresiasi program siaran yang baik dan berkualitas," kata Hardly.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)