IKAL Lemhanas Harus Jadi Tempat Bersandar Bagi Seluruh Komponen Bangsa

Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:34 WIB
loading...
IKAL Lemhanas Harus Jadi Tempat Bersandar Bagi Seluruh Komponen Bangsa
Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menegaskan, Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas, harus tumbuh dan berkembang sebagai tempat bersandar bagi seluruh komponen bangsa yang mendambakan Indonesia bersatu, maju dan sejahtera. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menegaskan, Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas, harus tumbuh dan berkembang sebagai tempat bersandar bagi seluruh komponen bangsa yang mendambakan Indonesia bersatu, maju dan sejahtera.

Penegasan tersebut disampaikan Agus pada Upacara Pelantikan Dewan Pengurus Pusat DPP IKAL masa bhakti 2020-2025 di ruang konstitusi Gedung Lemhannas Jakarta, Kamis 15 Oktober 2020. ”Kehadiran alumni Lemhannas yang tersebar di seluruh Indonesia perlu diberdayakan dan dimanfaatkan untuk menyosialisasikan nilai-nilai kebangsaan dalam berbagai aktivitas yang termuat dalam misi IKAL. Anggota IKAL juga harus membangun dan meningkatkan kebersamaan dalam rangka memperkuat komitmen pengabdian pada bangsa dan Negara,“ kata Agus Widjojo. (Baca juga: Gubernur Lemhanas Tegaskan Pancasila Jadi Falsafah Hadapi Pandemi Covid-19)

Dalam konteks persatuan dan kesatuan bangsa, Agus mengingatkan seluruh anggota IKAL Lemhannas agar menjaga nama baik dengan tidak memberikan komentar maupun pernyataan-pernyataan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan apalagi jika terkait dengan politik praktis. Jika hal itu terjadi, maka IKAL Lemhannas sebagai organisasi dapat menegur, memberikan sanksi bahkan mencabut status keanggotaan IKAL bagi yang bersangkutan. (Baca juga: Lemhannas Ingatkan Pentingnya Kolaborasi Hadapi Era Industri 4.0)

Munas IV IKAL Lemhannas yang berlangsung pada 27 Agustus 2020 di Jakarta telah menetapkan Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar sebagai Ketua Umum masa bhakti 2020-2025. Dalam kesempatan tersebut Agum Gumelar mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan berjanji akan melaksanakan amanah anggota IKAL dengan sebaik-baiknya. (Baca juga: DPR Segera Bahas Kajian Laut Natuna dengan Lemhannas dan Wantanas)

IKAL Lemhanas Harus Jadi Tempat Bersandar Bagi Seluruh Komponen Bangsa


“Tugas utama IKAL Lemhannas apalagi disaat Indonesia menghadapi pandemic Covid-19 adalah sikap peduli untuk terus merajut persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan disiplin mematuhi protokol kesehatan serta memberikan masukan positif kepada pemerintah pusat dan daerah, dalam kehidupan demokrasi dengan cara-cara yang beretika, elegant dan patuh pada hukum yang berlaku,“ tegas Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar.

Dewan Pengurus Pusat DPP IKAL Lemhannas 2020-2025 terdiri Ketua Umum Jenderal TNI (Purn ) Agum Gumelar, Waketum I Dr.Ir. Mustafa Abubakar MSi, Waketum II Komjenpol (Purn) Togar M Sianipar MSi, Sekjen Marsdya TNI (Purn) Daryatmo SiP dan Bendahara Umum Dadan Irawan Sarpingi MIBA berikut jajaran pengurus.

Dalam masa bhakti kepengurusan 2015-2020 IKAL Lemhannas berhasil membentuk 30 Komisariat IKAL Provinsi seluruh Indonesia, secara marathon melakukan serangkaian kegiatan pengkajian masalah-masalah strategis kebangsaan, melakukan bhakti sosial kemasyarakatan berskala Nasional dan daerah.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)