Satgas Sebut Pekan Ini Angka Kematian Corona Turun 9,9%

Selasa, 13 Oktober 2020 - 20:03 WIB
loading...
Satgas Sebut Pekan Ini Angka Kematian Corona Turun 9,9%
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pada pekan ini tingkat kematian karena virus Corona (Covid-19) mengalami penurunan. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pada pekan ini tingkat kematian karena virus Corona (Covid-19) mengalami penurunan. Meskipun memang angka kasus positif covid-19 terus mengalami peningkatan.

(Baca juga: Cepat Datangi RS Jika Alami Gejala Covid-19)

"Di pekan lalu menurun 7,7%. Sedangkan di pekan ini menurun 9,9% dari pekan sebelumnya," kata Wiku saat konferensi pers, Selasa (13/10/2020).

(Baca juga: 7 Mitos Penghambat Vaksinasi)

Dia mengapresiasi provinsi yang berhasil menekan kematian pada pekan ini. Sehingga berkontribusi pada penurunan angka kematian secara nasional.

"Provinsi yang sebelumnya berada di lima besar kematian tertinggi telah berhasil menekan angka kematiannya, sehingga keluar dari lima besar. Provinsi tersebut antara lain Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Aceh dan Papua," ungkapnya.

Sementara provinsi dengan kenaikan angka kematian tertinggi antara lain DKI Jakarta naik 65, Jawa Tengah naik 7, Kepulauan Riau naik 4, Kalimantan Tengah naik 3, dan Sulawesi Tengah naik 2.

"Mohon kepada provinsi yang masuk ke dalam lima besar kenaikan kematian tertinggi untuk dapat betul-betul melaksanakan treatment atau penanganan pasien covid-19 dengan baik. Utamanya pada pasien dengan gejala sedang dan berat serta pasien dengan komorbid," tuturnya.

"Tingkatkan kualitas pelayanan Covid-19 di rumah sakit. Perbanyak rumah sakit darurat jika diperlukan. Melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan satuan tuga apabila membutuhkan bantuan dalam penanganan Covid-19," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)