Wisata di Tengah Corona Harus Perhatikan Sejumlah Persiapan

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 07:59 WIB
loading...
Wisata di Tengah Corona Harus Perhatikan Sejumlah Persiapan
Pandemi virus Corona (Covid-19) ini sudah berlangsung sekitar tujuh bulan di Indonesia. Secara perlahan, sektor usaha dan masyarakat mulai beraktivitas. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pembatasan pergerakan manusia selama pandemi virus Corona (Covid-19), langsung meluluhlantakan sektor pariwisata. Orang-orang yang mempunyai uang sekalipun akan menahan nafsunya untuk plesiran karena alasan keselamatan jiwa.

(Baca juga: DPR Luruskan 12 Fakta tentang Omnibus Law Cipta Kerja)

Pandemi Corona ini sudah berlangsung sekitar tujuh bulan di Indonesia. Secara perlahan, sektor usaha dan masyarakat mulai beraktivitas. Wakil Ketua Komisi X Abdul Fikri Faqih mengatakan akan perubahan sikap masyarakat dalam berwisata.

(Baca juga: KSP Sesalkan Aksi Demo Tolak UU Ciptaker Rusak Fasilitas Umum)

Mereka akan mencari area wisata yang mengedepankan dan memberikan jaminan kesehatan. "Saya kira tidak bisa ditawarkan. Itu cleanliness, health, safety, dan environment friendly itu tidak bisa ditawar," kata Abdul Fikri.

Untuk diketahui Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi per Senin 12 Oktober 2020.

Di sisi lain untuk mengantisipasi Corona, perlu persiapan yang cukup untuk mengunjungi lokasi wisata. Berikut sejumlah persiapan yang dirangkum.

Pertama adanya hasil tes swab PCR. Ini untuk memastikan wisatawan dalam kondisi sehat saat akan masuk ke wilayah wisata, maka pemerintah menetapkan beberapa peraturan khusus. Salah satunya adalah kewajiban bagi wisatawan untuk membawa hasil tes swab PCR.

Lalu bagaimana bila tidak memiliki tempat yang menyediakan fasilitas tes PCR, bisa diganti dengan surat keterangan bebas gejala Covid-19 dan influenza. Surat keterangan ini bisa didapatkan melalui pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter Puskesmas atau rumah sakit setempat.

Kemudan kedua persiapkan tanda pengenal yang sah dan cek tiket pesawat online. Meskipun berasal dari Indonesia, perlu membawa tanda pengenal seperti KTP, paspor, atau tanda pengenal sah lainnya. Ini akan diperiksa sebelum naik pesawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)