Sandi Uno Dorong Petinggi BUMN Punya Nilai Kewirausahaan

Rabu, 07 Oktober 2020 - 12:20 WIB
loading...
Sandi Uno Dorong Petinggi BUMN Punya Nilai Kewirausahaan
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menilai, pemimpin perusahaan BUMN harus memiliki nilai kewirausahaan (Entrepreneurial Values). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno menilai, pemimpin perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus memiliki nilai kewirausahaan (Entrepreneurial Values) dan orientasi kewirausahaan (Entrepreneurial Orientation) untuk meningkatkan kinerja perusahaan terlebih di tengah turbulensi ekonomi akibat wabah Covid-19.

(Baca juga: Pasca Sahkan RUU Cipta Kerja, Gedung DPR Diobral Murah di E-commerce)

"Dalam keadaan yang sekarang bisa disebut sebagai turbulensi faktor utama adalah meningkatkan nilai- nilai kewirausahaan atau EV entreprenuirial Value dari pimpinan BUMN. Terutama CEO dan CFO mereka harus memiliki nilai-nilai kewirausahaan," kata Sandiaga Uno, Rabu (7/10/2020).

(Baca juga: Curah Hujan Meningkat Akibat La Nina, BMKG Imbau Cegah Zero Victim)

Pernyataan Sandi Uno ini berdasarkan hasil penelitiannya dalam disertasi yang berjudul 'The Effect of Entrepreneurial Values and Entrepreneurial Orientation on the Financial Performance and Their Impacts on Future Intention: An Empirical Evidence from Indonesia State - Owned Enterprises'.

Dalam disertasi ini, Sandi meneliti tentang pengaruh nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh bos-bos BUMN terhadap kinerja perseroan. Hasil temuan dari disertasi Sandiaga menunjukkan bahwa nilai kewirausahaan yang dimiliki para pemimpin BUMN tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja finansial sebuah perusahaan BUMN.

Sandiaga mengatakan ada banyak faktor yang menyebabkan self direction dari para petinggi BUMN sangat rendah. Mulai dari sikap pasif dari pemimpin itu sendiri hingga regulasi rumit dari atasannya atau Kementerian BUMN.

"Contohnya sesederhana seperti (sikap) menunggu arahan, belum ada WA dari atasan, belum ada kebijakan dari kementerian. Kedua, regulasi yang mengekang para CEO BUMN mengakibatkan mereka khawatir mengambil inovasi," ujar Sandiaga.

Menurut Sandi, pemerintah harus hati-hati dalam memberikan resource availability atau penambahan sumber daya kepada BUMN. Sebab, biasanya sumber daya yang melimpah akan menurunkan entrepreneurial orientation.

"Entreprenuirial Orientation yang turun akan juga menurunkan financial performance," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)