Kendalikaan Stres, Tips Jitu untuk Menjaga Imun Cegah Covid-19

Minggu, 04 Oktober 2020 - 03:02 WIB
loading...
Kendalikaan Stres, Tips Jitu untuk Menjaga Imun Cegah Covid-19
Perbincangan virtual yang dipandu Hanina Maulidha dengan tema Beraktivitas dan Berkreasi selama pandemic.
A A A
JAKARTA - Untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah pencegahan yang utama. Salah satunya dengan memakai masker, menjaga jarak dari orang lain, hingga rajin mencuci tangan atau yang kita kenal dengan perilaku 3M.

Selain langkah pencegahan utama ini, satu hal lagi yang krusial untuk dilakukan adalah menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar tetap sehat. Penting untuk menjadi catatan bahwa belum ada vaksin untuk mencegah Covid-19. Mengukur imun sehat atau tidak pun tentu sulit dilakukan. Yang terpenting, kita harus menghindari paparan virus tersebut, serta menjaga imun tubuh agar tetap sehat.

Hal ini disampaikan dalam perbincangan virtual yang dipandu Hanina Maulidha dengan tema Beraktivitas dan Berkreasi selama pandemic, yang dihadiri narasumber menginspiratif yaitu Dr Arie Sutopo , Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (Ladi) dan Maulana Ardianyah, penyanyi yang disiarkan melalui virtual zoom BNPB, Sabtu (3/10/2020).

Dr Arie Sutopo, Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (Ladi) membagikan tips bagaimana menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh agar tak mudah terpapar Covid-19.

“Pertama untuk menjaga imun kita, yaitu dengan istirahat yang cukup, jangan biarkan tubuh terlalu lelah apalagi sampai begadang kemudian besoknya kerja lagi itu tidak bisa , biasakan tubuh kita untuk tidur cukup antara 6-8 jam sehari” jelas Dr Arie.

Selain tidur yang cukup, Dr Arie menjelaskan ketika kita di rumah akan lebih memudahkan kita untuk mengonsumsi makanan sehat. Untuk menjaga sistem imun yang sehat tentu memerlukan nutrisi dari makanan bernutrisi.

“Tips berikutnya yaitu mengonsumsi makan yang sehat, yang mengandung nutrisi vitamin C, E dan B, karena kandungan vitamin ini dapat melawan Covid” tuturnya.

Selain tips diatas agar menjaga imun tetap sehat yaitu berolahraga harus pintar mengendalikan stres. Ada banyak cara mengendalikan stres, seperti melakukan meditasi, berolahraga ringan, dan menjalankan aktivitas yang positif selama di rumah.

“Kemudian kita harus tetap bergerak seperti berolahraga maupun indoor atau outdoor, yang terakhir kita harus pintar kendalikan stress kita karena ketika stres akan menuruntkan system imun tubuh sehingga mudah terpapar virus corona” tutupnya.

Pada Kesempatan yang sama Maulana Ardiansyah penyanyi juga menyampaikan penting selalu menggunakan masker , menjaga jarak selalu mencuci tangan untuk cegah Covid-19.

“Tetap semangat terus tetap laksanakan protokol kesehatan, gunakan masker ketika keluar rumah lalu pola makan yang sehat dan minum vitamin serta cuci tangan cuci tangan selalu” tutur Maulana.

Maulana juga mengingatkan bahwa jangan jadikan pandemi ini alasan untuk berhenti berkarya terus cari inspirasi dan bangkitkan potensi dalam diri kita.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)