Survei SMRC: Hanya 14% Warga Percaya Ada Kebangkitan PKI di Indonesia

Rabu, 30 September 2020 - 17:01 WIB
loading...
Survei SMRC: Hanya 14% Warga Percaya Ada Kebangkitan PKI di Indonesia
Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, saat mempresentasikan hasil survei nasional SMRC bertajuk Sikap Publik atas Isu Kebangkitan PKI pada Rabu (30/9/2020) di Jakarta. FOTO/CAPTURE/SINDOnews/RICO AFRIDO SIMANJUNTAK
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan hanya 14% warga Indonesia yang percaya bahwa ada kebangkitan Partai Komunis Indonesia ( PKI ) di Indonesia saat ini. Temuan survei pada 23-26 September 2020 itu menunjukkan dalam empat tahun terakhir, sejak 2016, persentase warga yang percaya bahwa ada kebangkitan PKI hanyalah berkisar di angka 10-16%.

Temuan itu disampaikan Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, saat mempresentasikan hasil survei nasional SMRC bertajuk "Sikap Publik atas Isu Kebangkitan PKI" pada Rabu (30/9/2020) di Jakarta. Survei Nasional tersebut dilakukan pada 23-26 September 2020 dengan melibatkan 1.203 responden yang diwawancara per telepon yang terpilih secara random. Margin of error diperkirakan sekitar 2,9%.

Menurut Abbas, rendahnya kepercayaan ini tampaknya terkait dengan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai isu kebangkitan PKI di Indonesia. Mayoritas warga (64%) menyatakan tidak tahu atau tidak mendengar adanya kebangkitan PKI di Indonesia. Sebaliknya, warga yang tahu atau mendengar sekitar 36%. ( )

Di kalangan yang tahu itu pun, mayoritas tidak percaya bahwa kebangkitan itu memang terjadi. Hampir 61% menyatakan tidak percaya bahwa ada kebangkitan PKI (atau 22% dari populasi), sementara yang menyatakan percaya ada kebangkitan PKI hanya 39% (14% dari populasi).

Menurut Abbas, survei ini dilakukan mengingat isu tentang PKI selalu menjadi perbincangan, terutama setiap September. "Pertanyaan utamanya adalah seberapa banyak warga yang tahu tentang isu tersebut? Di antara yang tahu, seberapa banyak yang percaya dengan isu ini?," kata Abbas.

Survei SMRC menunjukkan persentase warga yang percaya dengan isu kebangkitan PKI tidak banyak berubah sejak 2016. "Temuan survei nasional Juni 2016-September 2020 memperlihatkan warga yang setuju dengan isu bahwa sekarang sedang terjadi kebangkitan PKI tidak banyak berubah, hanya berkisar 10-16%," kata Abbas.

Ia mengingatkan bahwa di kalangan mereka yang percaya bahwa memang ada isu kebangkitan PKI, 79% menilai kebangkitan PKI itu merupakan ancaman. Yang percaya kebangkitan PKI itu belum menjadi ancaman hanya 13% dan yang tidak percaya menjadi ancaman 6%. ( )

Lebih jauh lagi, mayoritas (69%) warga yang menilai sudah PKI menjadi ancaman, menganggap pemerintah kurang/tidak tegas sama sekali atas ancaman kebangkitan PKI tersebut. Sedangkan 30% merasa pemerintah sangat/cukup tegas.

Kesadaran tentang isu kebangkitan PKI ini juga berbeda antara kelompok demografis. Salah satu temuan terpenting adalah perbedaan antartingkat pendidikan. Terdapat 62% warga yang berpendidikan tinggi mengetahui isu kebangkitan PKI, sementara 18% warga berpendidikan SD yang mengetahuinya.

Begitu juga 32% warga berpenghasilan di bawah Rp1 juta/bulan yang mengetahui adanya isu kebangkitan PKI, sementara 40% warga berpenghasilan di atas Rp4 juta mengetahuinya. "Ini mengesankan bahwa pembicaraan tentang isu PKI lebih banyak beredar di kalangan elit," ujar Abbas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)