DPR Mengaku Sudah Akomodir Aspirasi Buruh di RUU Cipta Kerja

Selasa, 29 September 2020 - 17:14 WIB
loading...
DPR Mengaku Sudah Akomodir Aspirasi Buruh di RUU Cipta Kerja
Aksi tolak RUU Cipta Kerja. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah serikat buruh akan melakukan aksi demonstrasi massal memprotes sejumlah ketentuan dalam klaster ketenagakerjaan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) yang tidak sesuai dengan aspirasi buruh.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mempersilakan serikat buruh melakukan demo, karena menyatakan pendapat merupakan hal yang dijamin konstitusi dan selama sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada.

"Ya saya pikir soal menyatakan pendapat itu kan diatur dalam konstitusi asal kemudian masih dalam batas koridor yang ada," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

( ).

Menurut Ketua Harian Partai Gerindra ini, DPR sudah pernah bertemu dengan perwakilan serikat buruh, merumuskan beberapa hal yang ada di dalam klaster ketenagakerjaan, bahkan mengakomodir sebagian aspirasi dari serikat buruh.

"Teman-teman serikat pekerja juga sudah mengajukan atau memberikan aspirasi kepada Dewan Perwakilan Rakyat dan kami juga sudah pernah bertemu merumuskan beberapa hal yang menjadi titik berat daripada kawan-kawan serikat pekerja dan beberapa apa sudah terakomodir," terangnya.

( ).

Dasco melanjutkan, memang ada beberapa hal yang masih dicarikan formula yang pas, agar dalam kondisi pandemi Covid-19 ini tidak memberatkan berbagai pihak, termasuk pengusaha, buruh, maupun pemerintah. Karena, saat ini sedang masuk pembahasan di Tim Perumus (Timus) dan Tim Sinkronisasi (Timsin).

"Jadi kan kemarin sudah ada beberapa yang kita kemudian akomodir dan ada beberapa sekarang masih dirumuskan, apakah itu kemudian yang nantinya akan kita komunikasikan juga dengan kementerian-kementerian hasilnya," ujar mantan Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR ini.

(Lihat Juga Foto: Kasus Sembuh Pasien Covid-19 Bertambah 3.567, Ayo Semua Disiplin ).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4083 seconds (0.1#10.140)