Pakar Epidemi: Ayo Pak Jokowi Pimpin Langsung Komando Kendali Pandemi

Senin, 28 September 2020 - 09:58 WIB
loading...
Pakar Epidemi: Ayo Pak Jokowi Pimpin Langsung Komando Kendali Pandemi
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto/setkab.go.id
A A A
JAKARTA - Pakar epidemi Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) di Tanah Air.

Pandu juga menyemangati Jokowi dengan melihat keberhasilan negara-negara di Asia yang berhasil mengendalikan penyebaran virus tersebut.

"Bila ada kemauan, pasti, ada jalan untuk kendali pandemi. Negara-negara Asia bisa berhasil kendalikan pandemi. Ayo Pak Jokowi pimpin langsung komando kendali pandemi," kata Pandu melalui akun Twitternya, @drpriono1, Senin (28/9/2020).( )

Pandu memposting data Hong Kong Centre for Health Protection yang memperlihatkan kurva kasus Covid-19 di sejumlah negara Asia menunjukkan penurunan di antaranya Jepang, Singapura, China, dan Hong Kong.

Menurut dia, penanganan Covid-19 bisa berhasil dengan memperkuat tes, pelacakan, dan isolasi mandiri penderita Covid-19.

"Atasi pandemi, bukan mengakhiri, tapi kendalikan penularan Covid-19. Keberhasilan dapat terjadi dengan kepeminpinan yang langsung berespon dg perkuat Tes, Pelacakan dan Isolasi, ajak publik agar patuh perilaku 3M. Perlu kemauan politis reformasi kesehatan publik, perkuat layanan primer," kata Pandu.( )
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)