Waspada, Cuaca Ekstrem Intai Sejumlah Wilayah di Indonesia

Senin, 28 September 2020 - 04:10 WIB
loading...
Waspada, Cuaca Ekstrem Intai Sejumlah Wilayah di Indonesia
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta agar masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem pada musim pancaroba atau peralihan musim. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta agar masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem pada musim pancaroba atau peralihan musim. Sebab, sejumlah wilayah Indonesia berpotensi dilanda cuaca ekstrem seperti hujan sangat lebat secara tiba-tiba serta petir dan angin kencang.

"Saat ini beberapa wilayah Indonesia akan memasuki peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, dan biasanya ada potensi cuaca ekstrem terjadi, seperti hujan tiba-tiba dan sangat deras disertai petir dan angin kencang," kata Plh Deputi Bidang Klimatologi BMKG Nasrullah, Senin (28/9/2020).

Nasrullah membeberkan tanda-tanda bakal terjadinya cuaca ekstrem di suatu daerah. Biasanya, terdapat tanda awan-awan yang mengumpal seperti bunga kol dan menjulang tinggi dengan warna agak gelap jika akan terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. ( )

"Untuk itu masyarakat perlu mewasdai dengan melihat tanda tanda adanya awan awan yang mengumpal seperti bunga kol dan menjulang tinggi dengan warna agak gelap," ucap Nasrullah.

"Segera siap-siap akan terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan biasanya didahului oleh angin kencang" ujarnya.

Adapun, sejumlah daerah di Indonesia yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem yaitu, sebagian Aceh, sebagian Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, hingga sebagian Kalimantan Barat.

"Kemudian, sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Tengah, dan sebagian Papua dan Papua Barat," katanya. ( )
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)