Tour de Borobudur 2020 Jadi Even Terlama Sepanjang Sejarah Sepeda

Sabtu, 26 September 2020 - 19:00 WIB
loading...
Tour de Borobudur 2020 Jadi Even Terlama Sepanjang Sejarah Sepeda
Peserta Tour de Borobudur 2020 tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Foto Dok Humas Pemprov Jateng
A A A
MAGELANG - Event tahunan Tour de Borobudur 2020 menjadi gelaran balap sepeda terunik sepanjang sejarah. Selain gelaran terpanjang yakni dihelat selama 22 kali, event ini juga satu-satunya gelaran olahraga sepeda dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Sejak dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 15 Agustus 2020 lalu, sudah ada 12 kali gelaran balap sepeda dari Semarang menuju Magelang itu. Selain itu, dalam setiap event, peserta dibatasi maksimal 50 orang, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak.

"Biasanya Tour de Borobudur digelar sekali, dengan pendaftarnya ribuan orang. Tapi karena Covid-19, kami pecah-pecah jadi kelompok-kelompok kecil dan diberangkatkan seminggu dua kali. Jadi seperti retail begitu, lucu tapi ini bisa jadi contoh bagaimana penerapan kebiasaan baru dalam dunia sport tourism," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai mengikuti Tour de Borobudur di Magelang, Sabtu (26/9/2020).

Justru karena keunikannya itu, Ganjar menyebut Tour de Borobudur tahun ini menjadi event terlama sepanjang sejarah sepeda. Sejauh ini, belum ada gelaran sepeda terlama di dunia selain Tour de Borobudur 2020.

"Mungkin ini akan menjadi event terlama dalam sejarah sepeda. Idenya ini belum pernah ada, dan ini baru yang pertama. Hari ini saja, sudah menjadi event ke-12 dari 22 gelaran yang direncanakan. Ini unik," jelasnya.

Selain itu, gelaran Tour de Borobudur secara khusus di tengah pandemi, bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat. Bahwa sebuah event bisa tetap digelar, tapi dengan protokol kesehatan ketat.

"Event ini menunjukkan pada masyarakat bahwa kita bisa beradaptasi dengan keadaan baru, itu yang penting. Alhamdulillah event ini bisa jalan dan temen-teman tetap taat saat mengikuti. Mereka tetap pakai masker, jaga jarak dn itu menurut saya penting," imbuhnya.

Selain mengangkat sport, event tahunan ini juga mengangkat sektor pariwisata dan UMKM di Jawa Tengah. Selama perhelatan berlangsung, para peserta gowes diajak Ganjar berkeliling ke sejumlah destinasi wisata di sepanjang jalan antara Semarang-Magelang dan sejumlah sentra produk UKM unggulan.

Selain Candi Borobudur tentunya, ada beberapa tempat lain semisal Svarga Bumi, destinasi wisata alam berupa sawah yang sedang viral di media sosial. Selain itu, mereka juga diajak ke Omah Mbudur, Desa Wisata Candirejo, sejumlah sentra UKM dan lainnya di Magelang.

Bahkan dalam perhelatan pada Sabtu (26/9/2020), Ganjar mengajak para peserta Tour de Borobudur merasakan sensasi wisata menaiki kereta api uap di Ambarawa. Dengan protokol kesehatan yang ketat seperti duduk satu kursi satu meja, tetap pakai masker dan jaga jarak, para peserta Tour de Borobudur diajak menikmati pemandangan alam indah Rawa Pening dengan menaiki kereta bersejarah peninggalan Belanda itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)