Pasien Corona Tanpa Gejala di Wisma Atlet Akan Dipindah ke Tower 5

Sabtu, 12 September 2020 - 21:09 WIB
loading...
Pasien Corona Tanpa Gejala di Wisma Atlet Akan Dipindah ke Tower 5
Koordinator Satgas RS Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI (CKM), Tugas Ratmono, merencanakan pasien Corona ringan akan dipindahkan ke tower 5. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Koordinator Satgas RS Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI (CKM), Tugas Ratmono, merencanakan pasien Covid-19 (virus Corona) ringan hingga sedang dan tanpa gejala di tower 6 dan 7 Wisma Atlet akan dipindahkan ke tower 5.

(Baca juga: Bertambah 3.806 Kasus Baru, Total 214.746 Orang Positif Covid-19)

Tugas menjelaskan, untuk tower 7 adalah menangani atau melayani, merawat pasien-pasien Corona yang ringan dan sedang dan juga yang tanpa gejala. Saat ini sejumlah 1.660 yang terbagi dari pasien ringan dan bergejala sedang, dan tanpa gejala.

Tanpa gejala kurang lebih 52 persen dan sisanya adalah 48 persen adalah yang bergejala. (Baca juga: Satgas Sebut Pembatasan Mobilitas Penduduk Cegah Potensi Penularan Covid-19)

"Rencananya dan kita sudah siapkan tower 5 untuk menampung merawat orang-orang terkonfirnasi positif Covid tanpa gejala, sore ini sudah kita siapkan dan siap untuk melayani pasien-pasien isolasi mandiri tersebut," ujar Tugas dalam jumpa pers, Sabtu (12/9/2020).

Tugas mengungkapkan, tower 5 sudah disiapkan 1.570 tempat tidur siap huni. Sehingga jika dipindahkan pasien tanpa gejala dari tower 6 dan 7 sekitar 700 atau 800 orang masih bisa menampung untuk separuhnya.

"Jadi, kira-kira masih 50 persen kita masih bisa menampung untuk orang-orang tanpa gejala. Dan kalau kita pindahkan dari tower 6 dan 7 maka tower 6 dan 7 akan berkurang sehingga ini bisa diisi oleh pasien-pasien yang ringan tentunya yang kita harapkan dari temen-teman merawat di rumah sakit rujukan Covid di wilayah DKI Jakarta," jelasnya.

"Ini saya kira suatu upaya yang kita bisa tempuh untuk mengurangi dan mempersiapkan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid di DKI Jakarta," tambahnya.

Tugas menyebutkan, pihaknya saat ini juga terus masih memperbaiki dan mempersiapkan tower 5 dan 4 untuk digunakan sebagai rujukan pasien tanpa gejala.

"Dalam dua minggu ke depan tentunya kita masih betul-betul bisa mempersiapkan utk ketersediaan kamar bahkan kita mudah-mudahan dalam kondisi yang tadi bisa terkendali ini akan kita bisa memberikan pelayanan khususnya untuk pasien ringan dan sedang dan juga orang-orang terkonfirmasi positif Covid yang tanpa gejala," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3430 seconds (0.1#10.140)