Zona Merah dan Oranye Meningkat, Wilayah Kuning-Hijau Kian Tergerus

Selasa, 08 September 2020 - 19:28 WIB
loading...
Zona Merah dan Oranye Meningkat, Wilayah Kuning-Hijau Kian Tergerus
Dari data Satgas Penanganan Covid-19, daerah zona hijau dan kuning terus tergerus. Sementara daerah berzona kuning dan oranye mengalami peningkatan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dari data yang dimiliki Satgas Penanganan Covid-19 (virus Corona) , daerah zona hijau dan kuning tergerus mengalami penurunan. Sementara daerah berzona kuning dan oranye mengalami peningkatan.

(Baca juga: 18 ABK Pulih, Total 964 WNI di Luar Negeri Sembuh dari Covid-19)

"Kami ingin sampaikan tentang peta zonasi risiko per 6 September di Indonesia. Dan kalau kita lihat kondisinya tidak terlalu menggembirakan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (8/9/2020).

(Baca juga: Prokontra Pembukaan Bioskop dan Kekhawatiran Penularan Covid-19)

Dia mengatakan, daerah risiko tinggi atau yang berzona merah jumlahnya meningkat dari 65 kabupaten/kota pada minggu lalu menjadi 70 kabupaten/kota. Begitu juga risiko sedang atau berzona oranye naik dari 230 menjadi 267 kabupaten/kota.

"Sedangkan risiko rendah dari 151 menjadi 114 kabupaten kota. Yang tidak ada kasus dari 42 menjadi 38. Dan tidak terdampak dari 26 kabupaten/kota turun menjadi hanya 25 kabupaten/kota,” ujarnya.

Wiku menjelaskan, perubahan zonasi ini karena selama 3 minggu terakhir terjadi peningkatan kabupatenkota yang masuk kepada risiko tinggi dan sedang. Lalu di saat yang sama selama 3 minggu ini daerah risiko rendah dan tidak terdampak mengalami penurunan.

"Jadi selama 3 minggu terakhir, terjadi peningkatan jumlah kasus. Dan jumlah daerah yang menuju risiko peningkatan kasus lebih tinggi atau sedang dan tinggi. Ini perlu menjadi perhatian kita semuanya agar kondisi ini harus diperbaiki," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Wiku membeberkan 55 kabupaten/kota di 22 Provinsi dengan perubahan zona risiko kuning menjadi oranye. Di antaranya Humbang Hasundutan, Nias Utara, Pasaman Dharmasraya, Kepulauan Meranti, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu Timur, Lampung Utara, Lampung Barat, Pringsewu, dan Bangka.

Selanjutnya Kepulauan Seribu, Tasikmalaya, Cirebon, Subang, Wonosobo, Sukoharjo, Blora, Pemalang, Tegal, Brebes, Kota Tegal, Kota Serang, Lombok Utara, Lombok Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Landak, Dhamasraya, Kota Singkawang, Kotawaringin Timur, Seruyan, Lamandau, Malinau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)