Mahasiswa Unas Berpretasi Akan Dapatkan Beasiswa Berlimpah

Senin, 07 September 2020 - 15:37 WIB
loading...
Mahasiswa Unas Berpretasi Akan Dapatkan Beasiswa Berlimpah
Berbagai prestasi telah diraih oleh mahasiswa Unas dalam ajang kompetisi maupun event.
A A A
JAKARTA - Bisa mendapatkan beasiswa dan berprestasi pada saat mengeyam pendidikan di bangku kuliah merupakan satu kesempatan yang di impikan oleh calon mahasiswa maupun mahasiswa aktif. Universitas Nasional sebagai kampus swasta tertua dan telah Terakreditasi A banyak memberikan kesempatan beasiswa kepada seluruh mahasiswa aktifnya.

Pada 26 Agustus 2020 sebanyak 50 Mahasiswa Universitas Nasional (UNAS) mendapat beasiswa dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Ini merupakan langkah pasti yang dilakukan Oleh UNAS untuk kepentingan mahasiswanya.

Di masa pandemi Covid-19 ini UNAS terus memberikan dukungan kepada mahasiswa, terlebih lagi bagi mahasiswa yang memiliki prestasi dalam segala bidang pendidikan. “Prestasi yang diraih oleh mahasiswa merupakan komitmen Unas dalam meningkatkan kualitas akademik, agar mencapai
peningkatan suasana dan outcome akademik yang kian bermutu,” ujar Rektor Unas, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A.

Prestasi yang bisa diraih oleh mahasiswa bisa dalam bidang akademik maupun non akademik. Seperti memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik, ataupun memenangkan kejuaraan tingkat nasional maupun internasional. Hal ini pun tak terlepas dari dukungan dan dorongan para dosen Unas yang senantiasa membimbing mahasiswa dalam belajar.

Mahasiswa yang berprestasi merupakan buah perhatian dari Unas, sehingga mahasiswa dapat berkompetisi pada semua bidang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Berbagai prestasi telah diraih oleh mahasiswa Unas dalam ajang kompetisi maupun event di antaranya dua mahasiswa program studi Hubungan Internasional lolos tingkat wilayah III dan berhak lolos ke tingkat nasional pada kompetisi National University Debating Championship (NUDC) pada bulan Agustus, kemudian mahasiswa Fakultas Hukum Herman Dirgantara yang meraih juara dua tingkat nasional pada perayaan Hardiknas yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Negeri Jakarta pada bulan Mei 2020.

Prestasi gemilang juga datang dari Rizki Budhianti, mahasiswi Program Studi (Prodi) Sosiologi FISIP yang meraih juara 1 pada lomba poster tingkat nasional dengan tema ‘Bangkit Bersatu Melawan Covid-19 yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan William Booth pada Juni 2020. Prestasi lain juga ditorehkan oleh mahasiswi prodi keperawatan FIKES Unas yakni Jeany Velisya Lenahatu dan Afifah Nadidah yang berhasil memperoleh juara 3 lomba poster ilmiah tingkat nasional pada bulan Juli 2020.

Selain mendukung mahasiswanya untuk berprestasi, Unas juga memfasilitasi mahasiswa aktif untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa. Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa dengan nilai IPK 3.00 serta memenuhi syarat lainnya.

Bagi mahasiswa baru, Unas memberikan beasiswa jalur akademik, nonakademik dan beasiswa khusus dengan persyaratan tertentu. Beasiswa akademik diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang memperoleh prestasi belajar di tingkat SLTA dan/atau sederajat dengan nilai rata-rata rapot semester satu sampai semester enam atau rata-rata ujian sekolah minimal 85,00 diberikan beasiswa biaya kuliah berupa pembebasan Uang Paket Semester (UPS) sebesar 100 persen pada semester pertama. Beasiswa nonakademik diberikan kepada bagi mahasiswa baru yang memiliki prestasi dalam kompetisi bidang olah raga, seni dan budaya yang memawakili sekolah asal dengan peringkat satu minimal di tingkat Kabupaten/Kota yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan.

Sementara beasiswa jalur khusus diperuntukkan bagi alumni SMA/SMK YMIK, keluarga betawi, keluarga PGRI, lulusan pesantren, lingkungan sekitar Unas, dan lulusan SLTA yang menjadi tanggungan panti asuhan diberikan beasiswa berupa pembebasan UPS sebesar 50 persen sampai dengan 75 persen. Pada semester dua baik beasiswa prestasi akademik, prestasi nonakademik maupun beasiswa khusus akan tetap diberikan apabila indeks prestasi yang syaratkan terpenuhi.

Pemberian beasiswa jalur prestasi akademik, prestasi nonakademik dan jalur khusus kepada mahasiswa baru sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dan sebagai komitmen Unas dalam memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk mengenyam pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. (ADV)
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)