Inpres Protokol Kesehatan Efektif Kalau Masyarakat Disiplin

Sabtu, 05 September 2020 - 14:17 WIB
loading...
Inpres Protokol Kesehatan Efektif Kalau Masyarakat Disiplin
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Upaya memerangi pandemi Covid-19 tidak hanya menjadi tugas pemerintah. Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo, menilai penanganan wabah juga membutuhkan kesadaran masyarakat, termasuk dalam menaati aturan pemerintah terkait protokol kesehatan di masa pandemi.

Awal Agustus 2020 lalu, Presiden Joko Widodo meneken Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Diseas (Covid-19). Penerbitan inpres itu bertujuan untuk menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19 di seluruh provinsi, kabupaten dan kota.

Benny mengatakan, penerbitan inpres yang telah berlaku sekitar satu bulan itu merupakan langkah tepat. Namun, perlu juga partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk menerapkan budaya disiplin. “Pentingnya budaya displin dalam mematuhi protokol kesehatan adalah kunci pencegahan mengatasi Covid-19,” ujarnya melalui pesan tertulis yang diterima SINDOnews, Sabtu (5/9/2020).

(Baca: Romo Benny: Pancasila Harusnya Menjadi Kebiasaan Hidup, Bukan Lagi Doktrinal)

Lebih lanjut, rohaniwan yang akrab disapa Romo Benny itu menjelaskan, upaya yang dilakukan pemerintah untuk melakukan pendisiplinan terhadap masyarakat melalui inpres tersebut bertujuan agar masyarakat memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan.

“Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman di mana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain. Karena yang dibutuhkan sekarang adalah ketaatan menjalankan pola atau gaya hidup yang mengedepankan keselamatan jiwa manusia,” ungkapnya.

Benny berharapan gerakan kedisplinan menjadi keutamaan masyarakat untuk mentaati aturan demi keselamatan publik. Menurut dia, upaya tersebut harus menjadi kesadaran bersama untuk mengatasi Covid-19.

(Baca: Perlu Pendekatan Kearifan Lokal agar Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan)

“Inpres akan efektif setiap warga negara menjalankan keutamaan displin dalam menggunakan masker. Gerakan cuci tangan , jaga jarak demi keselamatan bersama, ini menjadi kesadaran publik dibutuhkan kebersamaan untuk saling mengingatkan dan menjaga komitmen bersama,” jelas Benny.

“Keutamaan displin sebenarnya bagian dari tanggung jawab setiap insan untuk menjaga nilai kehidupan, disiplin menjaga protokol kesehatan berarti kita bertanggung jawab menyelamatkan jiwa manusia dan perekonomian bangsa” pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)