Kasus COVID-19 Terus Naik, Satgas Salahkan Masyarakat Tidak Disiplin Protokol Kesehatan

Jum'at, 04 September 2020 - 14:53 WIB
loading...
Kasus COVID-19 Terus Naik, Satgas Salahkan Masyarakat Tidak Disiplin Protokol Kesehatan
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito salah satu penyebab terjadinya peningkatan kasus akhir-akhir ini karena masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Saat ini penambahan kasus COVID-19 di Indonesia masih terus mengalami peningkatan. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 , Wiku Adisasmito salah satu penyebab terjadinya peningkatan kasus akhir-akhir ini karena masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Apalagi, kata Wiku saat masyarakat sedang pergi ke tempat wisata masyarakat cenderung tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Rupanya masyarakat, mereka pergi ke tempat wisata dan mungkin tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Dan tak terlihat akhirnya penyakitnya jadi meningkat drastis di saat-saat ini. Jadi ini pelajaran buat kita semuanya dengan kondisi yang ada,” ujarnya dalam diskusi di Media Center Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (4/9/2020). (Baca juga: Kesembuhan Pasien COVID-19 di Jawa Timur Capai 78,25 Persen)

“Jadi memang selalu kita menyampaikan protokol kesehatan. Tapi rupanya kita perlu lebih detail sebenarnya apa yang dimaksud dengan protokol kesehatan itu,” lanjut Wiku.

Dia mengatakan penggunaan masker harus benar-benar tepat. “Penggunakan maskernya itu harus betul-betul tepat gitu ya digunakan di seluruh permukaan muka, terutama menutupi batang hidung, pipi sampai dengan dagu. Dan pastikan itu selalu tertutup dengan baik.”

“Dan cara membukanya pun juga harus dengan cara yang tepat, dipegang talinya dan selalu cuci tangan sebelum dan setelahnya untuk memastikan bahwa kita tidak menyentuh bagian yang potensial terkontaminasi,” sambung Wiku.

Kemudian, kata Wiku selalu menjaga disiplin jaga jarak. “Ini kadang-kadang kita sadar kita jaga jarak. Pada kenyataannya nanti kita makan siang dan seterusnya jaraknya akhirnya tidak dipenuhi. Hal-hal seperti ini penting untuk betul-betul disiplin, karena justru di tempat yang lengah itulah akhirnya kita bisa tertular.”

“Dan terutama apabila di keluarga kita atau di sekitar kita ada orang tua, ibu hamil atau anak-anak yang punya risiko tinggi itu betul-betul kita harus menghindari jangan sampai terjadi kontak dengan mereka. Karena belum tentu kita tidak bebas dari COVID-19. Itu selalu harus dijaga,” tegas Wiku. (Baca juga: Wiku Adisasmito Bagikan Tips Menjaga Imunitas Agar Terhindar COVID-19)

Selain itu, Wiku menambahkan salah satu upaya untuk terhindar dari COVID-19 adalah dengan menjaga imunitas tubuh. “Dan untuk itu juga modal yang setiap manusia memiliki atau masyarakat milik itu adalah imunitas individu atau daya tahan individu. Dan imunitas ini adalah bekal kesehatan yang dimiliki yang relatif mudah dan murah karena adanya di diri kita untuk bisa menjaganya,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)