Kemendagri Pacu Kepala Daerah Gali Potensi dan Layani Masyarakat

Kamis, 27 Februari 2020 - 18:08 WIB
Kemendagri Pacu Kepala Daerah Gali Potensi dan Layani Masyarakat
Kemendagri Pacu Kepala Daerah Gali Potensi dan Layani Masyarakat
A A A
SUKABUMI - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajak pemimpin daerah atau birokrasi bersiap untuk menghadapi berbagai macam perubahan yang timbul dari persaingan global.

Hal itu disampaikan Sekrertaris Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Didi Sudiana saat acara Local Leader Forum yang digelar SINDO Media.

Acara ini mengabil tema bertajuk Hambatan dan Tantangan Reformasi Birokrasi dalam Mendorong Investasi 2020, di Lido Lake Resort, Jalan Raya Bogor, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (27/2/2020).

"Harapan kita kan birokraski kita harus siap mengahadapi perubahan dengan berbagai aspek tantangan hambatan tadi, masalah global persaingan, digital, itu yang pertama, makanya dia harus meningkatkan kapabilitas SDM nya secara pribadi untuk mendukung tugas-tugasnya," kata Didi di lokasi, Kamis (27/2/2020).

Dia menjelaskan, saatnya pimpinan daerah membuktikan kinerja kepada masyarakat terutama dalam menjamin kesejahteraan mereka, bukan malah mempersulitnya. (Baca Juga: Gelar Local Leader Forum, SINDO Media Ingin Lahirkan Pemimpin Bangsa)

Menurut dia, adanya disentralisasi maka pemimpin daerah harus benar-benar berusaha mencari potensi daerah yang dipimpinnya.

"Kepala daerah harus berusaha menggali potensi yang ada di daerahnya, itu diharapkan pemimpin daerah harus lebih inovatif, ada perubahan maindset," ujar Didi.

Menurut dia, jika telah menemukan potensi dar daerah yang dipimpin. Kepala Daerah harus setia melayani masyarakat disaat mereka membutuhkan.

"Karena sebenarnya birokrasi kita itu kan birokrasi yang harus menjadi pelayan, jangan malah terbalik menjadi yang dilayani, tapi kita berusaha bagaimana melayani. dari segi pelayanan publik harus diutamakan, lebih lancar. Intinya begitu, kemudian dari struktur tulang bagan dia bagian dari organisasi untuk mencapai visi misi suatu organisasi mendukung visi misi yang lebih besar," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5141 seconds (0.1#10.140)