Presiden PKS Kritik Perilaku Pejabat: Semakin Berkuasa Kian Leluasa

Kamis, 13 Februari 2020 - 09:44 WIB
Presiden PKS Kritik Perilaku Pejabat: Semakin Berkuasa Kian Leluasa
Presiden PKS Kritik Perilaku Pejabat: Semakin Berkuasa Kian Leluasa
A A A
JAKARTA - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman mengkritik masih adanya prilaku pejabat di Indonesia yang dinilainya bertindak semaunya tanpa merasa ada memiliki pertanggungjawaban terhadap publik.

Padahal, menurut dia, salah satu fatsun pejabat adalah memiliki perasaan semakin berkuasa semakin tidak leluasa.

"Itu salah satu fatsun pejabat publik. Pejabat publik adalah mereka yang diberi wewenang ngelola urusan-urusan publik. Agar tidak ada benturan kepentingan maka pejabat harus rela nekan hasrat-hasrat pribadi dan keluarga, termasuk hasrat bicara sembarangan. Apalagi hasrat hidup glamor," kata Sohibul Iman melalui akun Twitternya, @msi_sohibuliman, Kamis (13/2/2020).

Namun realita di Indonesia, kata dia, fatsunnya justru terbalik. Semakin memiliki kekuasaan, bertindak semakin leluasa, termasuk dalam berbicara dan membuat gaduh. (Baca Juga: Anak Eks ISIS Berpeluang Dipulangkan ke Indonesia)

Tidak hanya membuat gaduh, kata dia, sikap semakin berkuasa ditunjukkan pejabat dengan melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Memang realita di Indonesia sepertinya fatsun terbalik,'makin berkuasa makin leluasa'. Merasa leluasa denga kekuasaannya maka banyak pejabat bertindak semaunya, termasuk asal bicara, bikin gaduh (hoax), korupsi, kolusi, nepotisme dan lain-lain. Tidak merasa ada 'pertanggung jawaban publik'," kata Sohibul.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4538 seconds (0.1#10.140)