PKS-Demokrat Ajak Fraksi Lain Masuk Pansus Jiwasraya

Selasa, 04 Februari 2020 - 18:49 WIB
PKS-Demokrat Ajak Fraksi Lain Masuk Pansus Jiwasraya
PKS-Demokrat Ajak Fraksi Lain Masuk Pansus Jiwasraya
A A A
JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Demokrat mengajak fraksi lain untuk ikut terlibat dalam panitia khusus (Pansus) Hak Angket PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sebab, kasus Jiwasraya dinilai masalah besar.

"Jadi prosesnya, dalam konteks proses pembentukan Pansus, tentu kami mengetuk fraksi-fraksi lain untuk bersama-sama Demokrat dan PKS juga publik media supaya ada awareness edukasi ini loh ada suatu masalah besar di negeri ini," ujar Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Ecky Awal Mucharam di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020). (Baca juga: Langkah PKS-Demokrat Serahkan Usulan Pansus Jiwasraya Tak Dipersoalkan )

Dia mengatakan, pihaknya menghormati aspek penegakan hukum kasus Jiwasraya tersebut. Namun, masyarakat dinilai perlu mengetahui detail masalah tersebut.

Ecky pun memastikan bahwa rapat Pansus hak angket Jiwasraya nantinya digelar terbuka. Sementara rapat panitia kerja (Panja) beberapa komisi DPR, kata dia, digelar tertutup.

"Bisa dibayangkan dalam konteks Komisi III, ada aspek penegakkan hukum, dalam konteks Komisi VI ada terkait koorporasi BUMN-nya, dalam konteks Komisi XI ada terkait keuangannya, ini kan harusnya ketiganya menyatu untuk memperbaiki, enggak mungkin dari Komisi III ujug-ujug harus BKO dan muter-muter."

"Akan lebih baik mengetuk hati teman-teman fraksi yang lain dan juga publik untuk sama-sama membentuk Pansus. Karena ini untuk mengungkap kasus Jiwasraya secara terang benderang," sambungnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Benny Kabur Harman meyakini bahwa jumlah anggota DPR yang terlibat dalam Pansus Jiwasraya itu akan bertambah. "Saya yakin banyak anggota fraksi yang akan bergabung," ujar Benny. (Baca juga: Pansus Jiwasraya Bidik Istana )

Sekadar diketahui, Fraksi PKS dan Demokrat DPR telah menyerahkan usulan pembentukan Pansus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ke pimpinan DPR. Sedangkan total anggota DPR yang menandatangani usulan pembentukan Pansus Jiwasraya itu sebanyak 104 orang, 50 orang anggota DPR dari Fraksi PKS dan 54 orang dari Fraksi Partai Demokrat.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8128 seconds (0.1#10.140)