Pemerintah Disarankan Bentuk Tim Khusus Tangani Virus Corona

Senin, 27 Januari 2020 - 17:40 WIB
Pemerintah Disarankan Bentuk Tim Khusus Tangani Virus Corona
Pemerintah Disarankan Bentuk Tim Khusus Tangani Virus Corona
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah melakukan berbagai tindakan guna mencegah masuknya virus Corona (2019-nCov) asal Wuhan, China ke Indonesia. Namun, agar kerja kementerian atau lembaga lebih koordinatif, pemerintah disarankan bentuk desk khusus tangani hal ini.

"Kita kan memang tidak bisa seperti Hong Kong yang memang letaknya sangat berdekatan dengan Wuhan, tetapi juga yang kita harapkan itu tadi kolaborasi kemudian koordinasi," kata Wakil Ketua MPR Arsul Sani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/1/2020).

"Dengan institusi kesehatan baik yang ada di negara-negara tersebut maupun dengan lembaga-lembaga kesehatan internasional itu yang perlu diterus dilakukan dan itu diupdate rakyat ini harus di-update setiap hari kalau perlu," tambahnya.

(Baca juga: Cegah Virus Corona, MPR Dukung Penerbitan Travel Warning)

Terkait usulan evakuasi WNI yang berada di Wuhan, Ketua Fraksi PPP MPR itu meminta jajaran Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk kemudian mengambil keputusan dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Karena, pelajar ini juga berkaitan dengan instansi lainnya.

"Inilah yang kita harapkan agar masyarakat itu mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh Kemlu kita, kalau itu tugas Kemlu ya Kemlu apa yang sudah dilakukan itu harus disampaikan," ujarnya.

Menurut Arsul, pemerintah sudah melakukan banyak hal untuk mencegah virus Corona ini. Namun, hal utu tidak tersosialisasikan ke masyarakat. Dan upaya yang dilakukan pemerintah ini dirasa tidak cukup karena kurang terkoordinasi.

"Intinya menurut saya kalau perlu pemerintah harus membentuk desk tentang virus Corona ini agar di dalam negeri kita tidak juga menimbulkan kepanikan yang berlebihan," sarannya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7094 seconds (0.1#10.140)