Peduli Lingkungan, Polri Dukung Indonesia Bersih dari Sampah

Rabu, 15 Januari 2020 - 13:44 WIB
Peduli Lingkungan, Polri Dukung Indonesia Bersih dari Sampah
Peduli Lingkungan, Polri Dukung Indonesia Bersih dari Sampah
A A A
JAKARTA - Kepedulian Polri terhadap sampah terlihat dalam salah satu kegiatan Korps Lalu Lintas (Korlantas) peduli lingkungan bersih, khususnya masalah sampah. Kegiatan ini adalah bagian dari program Indonesia Bersih.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, kegiatan bersih lingkungan sangat tepat dilakukan pada musim penghujan saat ini. Di samping itu, Polri juga sudah melakukan kepedulian lingkungan berupa penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia.

"Seluruh jajaran kepolisian di Indonesia sudah menanam pohon, dan tentunya selain penguatan penanaman pohon didukung juga program lingkungan bersih lainnya yaitu masalah sampah," kata Irjen Istiono di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Menurut dia, budaya membuang sampah pada tempatnya harus terus digelorakan. Jenderal bintang dua ini yakin jika hal itu dilakukan dengan konsisten akan dapat menginspirasi banyak orang.

Artinya bijak dalam mejaga lingkungan akan menjadi hal yang sehat bagi semuanya. "Masalah sampah juga menjadi hal yang utama karena berkaitan dengan lainnya seperti banjir," tandasnya.

Berdasarka hasil analisa data menyebutkan Indonesia berada di peringkat kedua negara penghasil sampah plastik terbesar dunia. Tentu saja masalah ini bukan menjadi prestasi yang membagakan bagi bangsa Indonesia. Setiap tahun Indonesia memproduksi 3,2 juta ton sampah plastik yang sebagian sampah tersebut berujung di lautan karena tidak terolah.

Dari analisa data tersebut menunjukkan bahwa kepedulian masyarakat Indonesia terhadap lingkungan yang bersih masih belum optimal. "Maka dari itu, Polri mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menciptakan lingkungan Indonesia jauh dari sampah, karena masalah sampah ini menjadi serius dan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan secara menyeluruh," ungkapnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7154 seconds (0.1#10.140)