Amien Rais Idealnya Mengayomi Semua Calon Ketua Umum PAN

Jum'at, 10 Januari 2020 - 17:53 WIB
Amien Rais Idealnya Mengayomi Semua Calon Ketua Umum PAN
Amien Rais Idealnya Mengayomi Semua Calon Ketua Umum PAN
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik UIN Jakarta, Adi Prayitno menilai Amien Rais idealnya mengayomi semua calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), bukan justru mendukung salah satunya. Hal itu demi kebesaran dan lancarnya suksesi kepemimpinan di partai berlambang matahari terbit itu.

ā€¯Sebagai guru bangsa, setidaknya bagi kader-kader PAN sebaiknya memang Pak Amien berdiri di atas semua calon ketua umum, bukan mendukung salah satunya," ujar Adi Prayitno saat diskusi di Bakoel Kopi, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020). (Baca juga: Zulkifli Hasan Punya Peluang Besar Menang di Kongres PAN)

Salah satu alasannya, kondusivitas dan menjaga keutuhan serta soliditas kader-kader PAN. "Kalau Pak Amien mendukung salah satu calon khawatir nanti muncul stigma bahwa calon lain berarti melawan Pak Amien. Padahal inikan demokrasi semua berhak maju membesarkan partai," tutur dosen FISIP UIN Jakarta ini.

Sedangkan, alasan lainnya untuk menjaga kehormatan Amien Rais yang dianggapnya tidak tergantikan di PAN. "Pak Amien seharusnya tidak ditarik-tarik terlalu jauh dalam gelanggang politik elektoral seperti persaingan calon ketua umum ini. Namanya ketua dewan kehormatan tentu idealnya ada di luar pertarungan. Apalagi semua calon ini adalah santri-santri Pak Amien," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada akhirnya kongres PAN ditentukan pilihan pemilik suara yakni Ketua Ketua DPD dan Ketua Ketua DPW partai berlambang matahari terbit itu. "Yang paling signifikan menentukan pemenang Kongres PAN adalah Ketua Ketua DPW dan Ketua Ketua DPD. Dukungan tokoh tanpa suara DPD dan DPW tidak berarti apa-apa," ucapnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4236 seconds (0.1#10.140)