alexametrics

DPR Minta Pemerintah Perhatikan Warning AS Soal Cuaca Ekstrem

loading...
DPR Minta Pemerintah Perhatikan Warning AS Soal Cuaca Ekstrem
Langkah Kedubes AS mengeluarkan peringatan dini bagi warganya di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya untuk mewaspadai cuaca ekstrem. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Langkah Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat mengeluarkan peringatan dini bagi warganya di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga 12 Januari direspons DPR.

(Baca juga: Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem Kedubes AS Dinilai Wajar)


Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi meminta pemerintah memperhatikan peringatan AS tersebut.

"Hal tersebut perlu menjadi perhatian aparat pemerintah, mulai Pemda,
BNPB, SAR dan Basarnas, agar meningkatkan kewaspadaannya," ujar Bobby Rizaldi kepada SINDOnews, Rabu (8/1/2020).



Politikus Partai Golkar ini yakin, Pemerintah AS telah mengantongi informasi yang akurat, sebelum mengeluarkan peringatan dini tersebut.

"AS sebagai negara berdaulat, bila sampai mengeluarkan peringatan tersebut, walaupun itu kurang baik atau dianggap berlebihan oleh sebagian pihak, pasti memiliki informasi intelijen yang akurasinya cukup kredibel menurut ukuran mereka," katanya.

Namun, kata legislator asal daerah pemilihan Sumatera Selatan II ini, masyarakat Indonesia dan warga negara asing (WNA) tidak perlu panik, selama tidak ada peringatan resmi apa-apa dari pemerintah Indonesia.

"Tetap ukuran kewaspadaan itu utamanya di pemerintah Indonesia, karena yang paling mengerti keadaan setempat," pungkasnya.

Diberitakan SINDOnews sebelumnya, dalam website resmi Kedubes AS, id.usembassy.gov menyebutkan Jakarta dan daerah sekitarnya diperkirakan akan mengalami hujan sangat lebat sepanjang hari dan badai halilintar. (Baca juga: Data Terbaru Korban Banjir dan Longsor di Jabodetabek dan Lebak)

Untuk mengantisipasi badai dan angin kencang yang mungkin menyebabkan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit, warga Amerika diminta untuk menyiapkan langkah-langkah antara lain, menyiapkan rencana tanggap darurat dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di https://www.ready.gov/ untuk membuat rencana bagi keluarga, pekerjaan, dan sekolah.

Kemudian, Kedubes Amerika Serikat juga meminta warganya untuk memantau perkembangan terkini melalui media lokal dan mewaspadai lingkungan sekitarnya serta memantau informasi dari otoritas cuaca Indonesia melalui website https://www.bmkg.go.id/.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak