Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem Kedubes AS Dinilai Wajar

Rabu, 08 Januari 2020 - 16:43 WIB
Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem Kedubes AS Dinilai Wajar
Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem Kedubes AS Dinilai Wajar
A A A
JAKARTA - Langkah Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat mengeluarkan peringatan dini bagi warganya di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga 12 Januari dinilai wajar.

Terlebih, tidak sedikit warga Amerika Serikat (AS) yang menjadi korban banjir Jakarta beberapa hari lalu.

"Sah-sah saja, namanya kantor perwakilan ya harus menjalankan fungsinya. Seperti kita tahu Kemang kan kemarin juga terkena banjir, banyak expatriate asal AS tinggal di sana," ujar Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani kepada SINDOnews, Rabu (8/1/2020).

(Baca juga: Korban Meninggal Banjir Jabodetabek dan Lebak Bertambah Jadi 60 Orang)

Diberitakan SINDOnews sebelumnya, dalam website resmi Kedubes AS, id.usembassy.gov menyebutkan Jakarta dan daerah sekitarnya diperkirakan akan mengalami hujan sangat lebat sepanjang hari dan badai halilintar.

Untuk mengantisipasi badai dan angin kencang yang mungkin menyebabkan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit.

Warga Amerika diminta untuk menyiapkan langkah-langkah antara lain, menyiapkan rencana tanggap darurat dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di https://www.ready.gov/ untuk membuat rencana bagi keluarga, pekerjaan, dan sekolah.

Kemudian, Kedubes Amerika Serikat juga meminta warganya untuk memantau perkembangan terkini melalui media lokal dan mewaspadai lingkungan sekitarnya serta memantau informasi dari otoritas cuaca Indonesia melalui website https://www.bmkg.go.id/.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4616 seconds (0.1#10.140)