Nama Kabinet Era SBY, Jokowi, dan Prabowo

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 08:14 WIB
loading...
A A A
Masa bakti Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014 sampai dengan 20 Oktober 2019. Pada awal pembentukan, sejumlah tokoh masuk kabinet ini. Mereka di antaranya, Tedjo Edhi Purdijatno sebagai Menko Polhukam, Sofjan Djalil sebagai Menko Bidang Perekonomian, Indroyono Soesilo sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Puan Maharani sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Indroyono Soesilo sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

4. Kabinet Indonesia Maju


Jokowi terpilih kembali sebagai presiden pada Pilpres 2019. Ayah dari Gibran Rakabuming Raka itu berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin. Keduanya lantas membentuk Kabinet Indonesia Maju.

Kabinet ini terdiri atas 4 menteri koordinator dan 30 menteri bidang. Kabinet ini diumumkan pada 23 Oktober 2019 dan dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Ada empat menteri koordinator di kabinet tersebut, yakni Mohammad Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Kemudian, Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Muhadjir Effendy sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Ada juga nama Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

5. Kabinet Merah Putih

Prabowo Subianto yang memenangi Pilpres 2024 membentuk Kabinet Merah Putih. Ada sebanyak 48 menteri yang dilantik pada 21 Oktober 2024, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 133/P Tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih Periode Tahun 2024-2029.



Ada tujuh Menteri Koordinator di Kabinet Merah Putih. Berikut ini daftarnya:
1. Budi Gunawan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan
2. Yusril Ihza Mahendra sebagai Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi, dan Pemasyarakatan
3. Airlangga Hartarto, sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
4. Pratikno, sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
5. Agus Harimurti Yudhoyono, sebagai Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan
6. Abdul Muhaimin Iskandar, sebagai Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat
7. Zulkifli Hasan, sebagai Menteri Koordinator Bidang Pangan.
(zik)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)