Jokowi Bocorkan Pelantikan Menteri Prabowo: Tanggal 21 Oktober

Rabu, 16 Oktober 2024 - 12:14 WIB
loading...
Jokowi Bocorkan Pelantikan...
Presiden Jokowi memberikan keterangan mengenai pelantikan cabinet Prabowo-Gibran usai meresmikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024). FOTO/SINDOnews/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) membocorkan tanggal pelantikan menteri dan wakil menteri kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka . Menurutnya, pelantikan kabinet baru dilaksanakan pada 21 Oktober 2024.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat menanggapi perihal alasan pencopotan Budi Gunawan dari jabatan Kepala Bandan Intelejen Negara (BIN). Awalnya Jokowi menyebut bahwa pencopotan BG dikarenakan alasan adminstrasi.

"Oh itu administrasi saja," kata Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).



Jokowi menjelaskan administrasi tersebut berkaitan dengan pelantikan para menteri-menteri pada 21 Oktober mendatang.

"Administrasi artinya karena Kepala BIN yang baru ini akan dilantik bersama-sama dengan menteri pada tanggal 21 (Oktober)," kata Jokowi.

Jokowi menyebut pemberhentian BG sebagai kepala BIN juga telah dibicarakan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Sehingga itu dilakukan dan kita juga telah berbicara dengan pak Prabowo. Itu atas pernyataan dari pak Prabowo," kata Jokowi.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertahanan M Herindra mengikuti fit and proper test sebagai Kepala BIN di DPR, Rabu (16/10/2024). Rencanananya dilantik bersama Menteri Kabinet Presiden Terpilih 2024, Prabowo Subianto pada 21 Oktober 2024.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya akan melakukan fit and proper test kepada Herindra sebagai calon Kepala BIN. Bahkan, kata Dasco, pihaknya akan membawa hasil uji kelayakan ke dalam rapat paripurna yang digelar, Kamis (17/10/2024).



"Besok kita akan paripurnakan dan berkirim surat ke Presiden," kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini menilai, Herindra akan dilantik bersamaan dengan menteri kabinet pada 21 Oktober 2024.

"Kalau keburu mungkin, pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada tanggal 21 (Oktober)," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0781 seconds (0.1#10.140)