Karier Politik Prabowo Subianto: Ikut Konvensi Golkar, Dirikan Gerindra, hingga Menjadi Presiden Terpilih 2024

Kamis, 10 Oktober 2024 - 16:56 WIB
loading...
Karier Politik Prabowo...
Karier politik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diulas dalam artikel ini. Foto/Dok SINDOnews/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Karier politik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diulas dalam artikel ini. Pria kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1951 ini bakal dilantik sebagai Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober mendatang.

Dia yang kini menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) ini akan menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jabatan Menhan diemban anak dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar ini sejak Oktober 2019.

Selama di militer, berbagai jabatan strategis pernah diemban oleh mantan menantu Presiden ke-2 RI Soeharto ini. Di antaranya adalah Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (1996-1998), Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat (1998), dan Komandan Sekolah Staf Dan Komando ABRI (1998).




Karier Politik Prabowo Subianto

Ikut Konvensi Golkar

Setelah pensiun dari dinas militer, karier politik ayah dari Didit Hediprasetyo ini diawali dengan menjadi salah satu peserta konvensi calon presiden Partai Golkar pada 2004. Konvensi itu juga diikuti Surya Paloh, Wiranto, Aburizal Bakrie (Ical), dan Akbar Tandjung.

Konvensi tersebut berlangsung dua putaran. Prabowo tersisih di putaran pertama. Pada putaran pertama, Akbar Tandjung mengalahkan empat kandidat lainnya, termasuk Prabowo.

Ketika itu, Akbar meraih 147 suara, Wiranto 137 suara, Ical 118 suara, Paloh 77 suara, dan Prabowo 39 suara. Putaran kedua pun digelar karena tak ada kandidat yang meraih suara mayoritas, 274 atau 50 persen ditambah satu suara.

Pada putaran kedua, hanya Wiranto dan Akbar yang menjadi pesertanya. Konvensi dimenangkan Wiranto yang berhasil menambah 137 suara, sedangkan Akbar cuma bisa menambah 80 suara.

Selanjutnya, Wiranto maju sebagai capres Golkar di Pilpres 2004. Dia berpasangan dengan adik almarhum Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Solahuddin Wahid.

Prabowo dalam setiap orasi selama mengikuti tahapan konvensi capres Partai Golkar amat fasih bertutur tentang kesulitan yang mengimpit para petani dan nelayan, serta beraneka problem riil di masyarakat yang kian mengenaskan. “Situasi ini harus cepat diakhiri. Kita harus bangkit dari kondisi keterpurukan dan membangun kembali Indonesia yang sejahtera,” ujar Prabowo di atas podium dikutip dari laman resmi Gerindra.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)