Perlu Figur Inspiratif untuk Hadirkan SDM Berkualitas

Minggu, 29 September 2024 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Nikmatul Masruroh menjadi figur sentral di sini. Fasilitator sekaligus koordinator area tak segan-segan memanfaatkan rumah kediamannya untuk membina anak-anak kampung dari berbagai umur.
Perlu Figur Inspiratif untuk Hadirkan SDM Berkualitas

Berlokasi di Jalan Bratang Wetan 1-D Nomor 03, Kelurahan Ngagelrejo, Wonokromo, Kota Surabaya, Home Bratang berdiri di tengah kondisi masyarakat padat penduduk dan dengan latar belakang pejudi burung merpati serta penghasilan masyarakatnya yang menengah ke bawah.

Dimulai pada tahun 2016, saat itu jumlah anak berjumlah 15 orang dengan dua pengajar. HI hadir memberikan pendampingan pengelolaan organisasi secara intensif. Hingga pada tahun 2024 anak didik sudah berjumlah 130 anak dengan 11 guru.

Fokus pembelajaran utama di Home ini adalah membentuk akidah dan akhak sejak usia dini. Seperti pendalaman Tahsin dan Tahfidz Al-Qur'an dengan didampingi belajar akhlaq, sejarah Islam, dan bahasa Arab.

Walaupun tidak bermukim, anak-anak di sini mampu membuktikan kemampuannya. 29 anak berhasil menghafal lebih dari 1 juz. Bahkan yang paling banyak adalah 14 Juz.

Selain itu para pengajar berfokus pada kegiatan tidak hanya pendidikan saja tetapi sekaligus menjadi teman bagi anak-anak, harapannya agar di Home ini bisa mengarahkan anak pada potensinya.

3. Home Margorejo

Berdiri di lokasi padat penduduk, Home ini memiliki figur sebagai fasilitator dan koordinator bernama Jumaroh. Awal mula Home ini berdiri, berawal dari keresahan di sekitar lokasi yang marak terjadinya kasus anak-anak broken home.
Perlu Figur Inspiratif untuk Hadirkan SDM Berkualitas

Akibatnya, anak-anak memiliki kepribadian yang kurang baik. Oleh karena itu fasilitator Home, Jumaroh beserta suami menginisiasi rumah belajar Rumah Ilmu (Home Margorejo).

Human Initiative hadir sejak tahun 2020 untuk membantu operasional kegiatan, beasiswa pendidikan, gaji guru, dan juga penyediaan sarana dan prasarana.

Human Initiative juga memberikan pendampingan terkait pengelolaan lembaga HOME Margorejo, bagaimana melakukan monitoring perkembangan anak-anak Home, Kurikulum pembelajaran agar nantinya anak-anak memiliki kemampuan yang sama.

Aktivitas di Home Margorejo meliputi kegiatan latihan leadership (belajar menjadi imam sholat, pembaca doa), pembinaan karakter, berkisah, belajar terjemahan, sekaligus tahsin dan tahfidz.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0744 seconds (0.1#10.140)