MPR-Bakorhumas Bersinergi Sosialisasikan Empat Pilar

Kamis, 21 November 2019 - 00:09 WIB
MPR-Bakorhumas Bersinergi Sosialisasikan Empat Pilar
MPR-Bakorhumas Bersinergi Sosialisasikan Empat Pilar
A A A
JAKARTA - Upaya menyosialisasikan Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) kepada seluruh lapisan masyarakat terus dilakukan.

Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono mengatakan, Humas MPR melakukan sinergi dengan humas kementerian dan lembaga negara yang tergabung dalam Bakohumas untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR kepada seluruh lapisan masyarakat.

”Kami berkomitmen untuk bahu membahu melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR melalui kementerian dan lembaga masing-masing. Sebab, kementerian dan lembaga tidak hanya berada di tingkat pusat, tapi juga mempunyai entitas kehumasan di daerah baik di provinsi, kabupaten, maupun kecamatan,” kata Ma’ruf Cahyono pada Forum Tematik Bakohumas bertema Peran MPR dalam Memasyarakatkan Nilai-Nilai Empat Pilar Agar Terinternalisasi di Kalangan Milenial, di Ruang Delegasi Plaza Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 19 November 2019.

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Widodo Muktiyo dan Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah dan Plt Kabag Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Budi Muliawan.

Menurut Ma’ruf, MPR mempunyai tugas penting sebagaimana diamanatkan UU Nomor 17 Tahun 2014 untuk pemasyarakatan dan mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

MPR telah melakukan dengan berbagai metode yang terus disesuaikan dan sasaran segmen masyarakat seperti Lomba Mewarnai Empat Pilar untuk siswa SD, Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR tingkat SLTA, outbound, Bela Negara, Training of Trainers (ToT), seni budaya, hingga dakwah Empat Pilar MPR.

“Pembentukan karakter di kalangan milenial ini perlu mendapat perhatian,” ujarnya.

Ma’ruf Cahyono mengharapkan dalam Forum Tematik Bakohumas ini menghasilkan dua output. Pertama, hubungan antara kehumasan MPR dan kehumasan instansi lain akan lebih bersinergi. Kedua, visi misi MPR bisa dipahami sehingga konten maupun metode yang disampaikan akan saling mendukung.

“Dengan demikian upaya sosialisasi Empat Pilar MPR akan lebih efektif bersama kementerian dan lembaga lain,” tutur Ma’ruf.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Widodo Muktiyo mengatakan, pemahaman Empat Pilar pada generasi milenial masih kurang sehingga kementerian dan lembaga perlu melakukan kegiatan bersama-sama menggarap kalangan milenial di kota dan desa yang jumlahnya sangat besar.

Menurut Widodo, Bakohumas meliputi humas di semua kementerian dan lembaga. Dalam kaitan itu, tugas Humas adalah men-deliver pesan-pesan kebangsaan.

“Kita punya ideologi Pancasila. Pola penanaman nilai-nilai Empat Pilar harus sesuai dengan kebutuhan milenial. Kelompok milenial suka dengan hal yang praktis, sederhana, tapi mengena. Itu yang menjadi tantangan kita mencari metode yang tepat untuk masuk ke dalam kalangan milenial,” paparnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4459 seconds (0.1#10.140)