Indonesia Diminta Siapkan Mitigasi Hadapi Perang Modern dan Multikrisis

Selasa, 17 September 2024 - 11:59 WIB
loading...
A A A
Konflik Rusia-Ukraina, penguatan Blok Barat dan Blok Timur, pertarungan hegemoni Amerika dan Tiongkok, serangan siber ke berbagai institusi pemerintah serta berbagai dinamika global telah menjadi ancaman serius bagi eksistensi negeri yang lemah dalam kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya nasional.

“Pemimpin visioner yang mampu mengkolaborasikan kekuatan dalam menghadapi masa damai dan masa perang adalah jawabannya,” tegas Dina.

Evaluasi kekuatan militer dari perspektif tradisional, nampak dalam capaian target kekuatan pokok minimal atau Minimum Essential Force (MEF) Pertahanan Indonesia selama kurun waktu 15 tahun sejak dicanangkan 2007. Diketahui hingga tahap ketiga (2020-2024) masih di bawah 70%.

Meskipun demikian, Indeks Kekuatan Militer yang diukur oleh Global Fire Power 2024, Indonesia berada di peringkat 13 dari 145 Negara, dan merupakan yang tertinggi di ASEAN, namun masih kalah jauh dibandingkan Negara Pakistan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Bonn International Center for Conflict Studies (BICC) menempatkan Indonesia di rangking 124 dari 149 negara, atas penilaian variabel militer dan nonmiliter. Selain itu perlu diwaspadai penurunan indeks perdamaian global kurun 2021-2023 yang dirilis Institute for Economic and Peace (IEP), Indonesia peringkat 53 dari 163 negara. Eskalasi kekerasan di Papua menjadi salah satu penyebab utama turun drastisnya skor indeks perdamaian yang semula di rangking 47.

Sementara berdasarkan indeks inovasi dunia yang dikaji oleh Global Innovation Index (GII) 2023, Indonesia dinilai belum kompetitif, peringkat 61 dari 132 negara. Skor dinilai masih rendah dalam beberapa indikator, diantaranya hal kreativitas, tingkat pengetahuan dan teknologi, kemampuan riset dan pendidikan, serta investasi dan kecanggihan bisnis.

Terhadap mitigasi multikrisis, seperti krisis pangan, air, energi ataupun finansial serta masifnya dampak perubahan iklim dan ketidakpastian global di era VUCA dan TUNA, tidak bisa lagi dihadapi dengan cara biasa. Perlu ide-ide revolusioner yang bertumpu pada pemanfaatan sumber daya nasional secara efektif efisien yang dipadukan dengan kepentingan nasional dan tujuan bernegara.

“Skenario apa yang telah disiapkan para pemimpin di semua tingkatan, baik nasional maupun level daerah dalam memitigasi risiko ancaman global dan domestik? Masyarakat menantikan solusi kongkrit para pemimpin ketimbang polemik politik yang menguras energi dan dominan mudarat,” kata Dina.
(cip)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)