alexametrics

Manuver Nasdem Bakal Bikin Koalisi Baru Terbentuk

loading...
Manuver Nasdem Bakal Bikin Koalisi Baru Terbentuk
Manuver Partai Nasdem yang menjalin komunikasi partai di luar pemerintah seperti PKS dan rencana komunikasi lanjutan, buka peluang terbentuknya koalisi baru. (Foto/SINDOphoto/Dok)
A+ A-
JAKARTA - Manuver Partai Nasdem yang menjalin komunikasi dengan partai di luar pemerintah seperti PKS dan rencana komunikasi lanjutan Nasdem dengan Partai Demokrat dan PAN membuka peluang terbentuknya koalisi baru di pemilu 2024 nanti.

"Cukup terbuka koalisi baru akan terbentuk. Minimal muncul faksi baru 2024 karena koalisi saat ini cair," kata Analis Politik asal UIN Jakarta, Adi Prayitno saat dihubungi SINDOnews, Selasa (5/11/2019).

Adi menuturkan, sejak awal politik pasca Pilpres 2019 cukup dinamis dan cair. Hal ini ditandai dengan bergabungnya Partai Gerindra ke dalam pemerintahan. Bahkan, Prabowo Subianto yang sempat menjadi rival Presiden Jokowi pun bersedia ditugaskan menjadi Menteri Pertahanan.



"Sebaliknya Nasdem mulai membangun jembatan pengertian dengan parpol non pemerintah," ujarnya.

Namun demikian, Adi mengatakan, koalisi Pilpres tak bisa dipermanenkan saat ini karena kecenderungan sikap parpol yang suka berubah seketika.

"Setidaknya batu bata poros baru koalisi mulai dibangun," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini menandaskan.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak