Jokowi Minta Nadiem Manfaatkan Teknologi untuk Pemerataan Pendidikan

Kamis, 31 Oktober 2019 - 19:11 WIB
Jokowi Minta Nadiem Manfaatkan Teknologi untuk Pemerataan Pendidikan
Jokowi Minta Nadiem Manfaatkan Teknologi untuk Pemerataan Pendidikan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Mendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk memanfaatkan teknologi untuk pemerataan pendidikan.

“Hanya titip, manfaatkan teknologi untuk percepatan kualitas pendidikan yang merata dan efisien,” katanya saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Rabu (31/10/2019).

Dia meminta Nadiem agar tak hanya terfokus pada Jakarta ataupun Pulau Jawa. Menurutnya, dalam membangun sistem perlu diperhatikan kondisi Indonesia secara menyeluruh.

“Pak Mendikbud tolong dilihat betul negara kita bukan hanya Jakarta, bukan hanya Jawa. Dari Sabang sampai Merauke. Dari miangas sampai pulau Rote, ada 17.000 pulau, 514 kab kota. Lihatlah yang ada misalnya di Halmahera, lihatlah yang ada di Rote, lihatlah yan ada di Wamena,” paparnya.

Menurutnya, jika sudah melihat kondisi Indonesia tersebut baru bisa dibuat sebuah sistem agar standar maupun kualitas pendidikan bisa merata. Termasuk dapat memudahkan guru dan murid dalam proses belajar.

“Saya titip diperbaiki yang berkaitan dengan kualitas guru. Sebuah aplikasi sistem yang mempercepat, sehingga peningkatan pemerataan kualitas pendidikan betul-betul dirasakan oleh murid-murid kita. Manfaatkan teknologi digital untuk memperluas, memeprcepat dan memudahkan akases,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia juga meminta Nadiem untuk mengantisipasi perubahan yang begitu cepat di pasar kerja. Dia mengatakan bahwa pergeseran jenis pekerjaan ini memiliki banyak peluang yang harus diantisipasi.

“Kalau kita bisa mempersiapkan justru peluang itu semakin banyak, karena berkembangnya merging job yang menuntut knowledge dari emerging skill. Dan untuk itu penyesuaian kurikulum besar-besaran harus kita lakukan,” pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5560 seconds (0.1#10.140)