Inovasi Daerah Bangkitkan Ekonomi

Kamis, 27 Agustus 2020 - 06:03 WIB
loading...
Inovasi Daerah Bangkitkan Ekonomi
Foto/Koran SINDO
A A A
JAKARTA - Inovasi menjadi kunci keberhasilan daerah mampu terlepas dari berbagai rintangan dan keterbatasan. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sejumlah kepala daerah terbukti berani membuat terobosan strategis demi bisa segera bangkit untuk menyejahterakan warganya.

Dengan modal inovasi, maka kelemahan-kelemahan yang dihadapi daerah menjadi lebih mudah terpetakan dan terurai. Kepala daerah juga mampu menjalankan pemerintahan secara efektif dan efisien dengan mengutamakan kolaborasi berbagai pihak. Melalui pelibatan banyak kalangan tersebut, maka partisipasi publik terhadap program-program pembangunan di daerah kian kuat.

Wujud semangat dan keteladanan sejumlah kepala daerah di Indonesia tersebut terpotret dalam ajang Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2020 yang digelar oleh KORAN SINDO dan Sindonews.com di Jakarta, kemarin. Dalam acara yang digelar secara virtual tersebut, terpilih 18 kepala daerah baik gubernur, wali kota maupun bupati berprestasi. KDI 2020 mengusung tema Bangkit dari Pandemi.

Belasan kepala daerah tesebut terbukti mampu membangkitkan kesejahteraan warganya, khususnya saat wilayahnya juga dilanda wabah Covid-19 saat ini. Keberhasilan mereka terbagi dalam empat kategori, yakni ekonomi, kesehatan, sosial budaya dan tata kelola pemerintahan. (Baca: Kemendagri Ajak Pemda Terus Berinovasi di Tengah Pandemi)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan pada Penganugerahan KDI 2020 mengatakan bahwa inovasi adalah kata kunci yang utama bagi sebuah bangsa untuk menjadi pemenang di persaingan global. Para kepala daerah memiliki peran strategis karena menjadi motor penggerak bagi aparat di bawahnya.

Dengan kepala daerah yang memiliki semangat inovatif, maka aparatur sipil negara (ASN) juga menjadi terpacu untuk berkreasi, berinovasi dan produktif. Dorongan agar kepala daerah dan ASN terus memiliki semangat kreatif tinggi, kata Tjahjo, juga tak henti disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam berbagai kesempatan.

Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ini juga menginginkan agar inovasi sekecil apapun yang dihasilkan daerah dapat mendorong tata kelola pemerintahan menjadi semakin baik. Dengan cara itu maka pelayanan kepada masyarakat juga makin cepat serta jalur birokrasi terpangkas.

“Membangun ASN yang smart dan produktif. Ini saya kira jadi komitmen Pak Jokowi, komitmen kita semua dalam upaya membangun tata kelola pemerintahan yang semakin efektif dan efisien,” katanya. (Baca juga: Sindiran tere Liye: Pertamina Tak Pernah Salah, yang Salah Kalian)

Dalam kesempatan itu, Tjahjo berharap ajang KDI yang digelar rutin tahunan ini dapat memacu kepala daerah yang mendapat penghargaan untuk terus berinovasi. Banyaknya inovasi yang dihasilkan daerah berintegritas ini adalah prestasi yang patut diapresiasi. Apalagi beberapa daerah memiliki inovasi yang sangat dibutuhkan di masa pandemi ini.

Dengan adanya penghargaan ini maka bisa merangsang kepala daerah lain untuk bisa berinovasi sekecil apapun demi percepatan pembangunan di daerah. Tjahjo menyebut proses pemberian penghargaan oleh oleh KORAN SINDO dan Sindonews.com ini dilakukan secara selektif dan independen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)