Kembali Dipanggil Jokowi, Siapa Sosok Siti Nurbaya Bakar? Ini Profilnya

Selasa, 22 Oktober 2019 - 11:58 WIB
Kembali Dipanggil Jokowi, Siapa Sosok Siti Nurbaya Bakar? Ini Profilnya
Kembali Dipanggil Jokowi, Siapa Sosok Siti Nurbaya Bakar? Ini Profilnya
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menjadi menteri petahana ketiga yang menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini setelah Sri Mulyani Indrawati dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Wanita kelahiran 28 Juli 1956 ini menyelesaikan pendidikan di SD Muhamaddiyah III, Matraman, Jakarta (Lulus 1968), SMP Negeri 50 Slamet Riyadi, Jakarta (Lulus 1971), SMA Negeri 8 Bukit Duri, Jakarta (Lulus 1974).

Kemudian, Institut Pertanian Bogor pada 1975-1979, International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC), Enschede, Belanda (lulus 1988) serta S-3 IPB dengan Siegen University, Jerman, lulus 1998.

Istri dari Rusli Rachman ini pernah menduduki berbagai jabatan dalam dunia birokrasi, sebelum terjun ke dunia politik. Ibu dua anak ini memulai kariernya pada tahun 1981 di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung.

Siti pernah menjabat sebagai Kasubid Analisis Stastistik, Kasi Penelitian Fisik, Kasi Pengairan, Kasi Tata Ruang, Kabid Penelitian, Kabid Prasarana Fisik dan Wakil Ketua Bappeda di sana. (Baca juga: Siti Nurbaya Jadi Menteri Petahana Ketiga yang Datangi Istana )

Kemudian, dia pernah menjadi Kabiro Perencanaan di Departemen Dalam Negeri, Pengajar di Kopertis, Pelaksana Manajemen di STPDN, Sekretaris Jenderal Depdagri, Dewan Komisiaris Pusri, dan Ketua Komite Investasi dan Manajemen Risiko Pusri.

Wanita berambut pendek itu juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPD-RI dari tahun 2006 hingga 2013. Siti Nurbaya mendapatkan penghargaan Laporan Akuntansi Standar Tertinggi dari Menteri Keuangan dari 2008 hingga 2011, dan Penghargaan WTP Laporan Keuangan dari BPK-RI sejak penilaian awal sebagai Sekjen DPD-RI. (Baca juga: Politikus Golkar Agus Gumiwang Juga Merapat ke Istana )

Lalu, setelah pensiun dari PNS, Siti Nurbaya masuk Partai Nasdem, menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP).
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5328 seconds (0.1#10.140)