Bupati Agam: Kami Prioritas Pembangunan SDM

Selasa, 15 Oktober 2019 - 21:34 WIB
Bupati Agam: Kami Prioritas Pembangunan SDM
Bupati Agam: Kami Prioritas Pembangunan SDM
A A A
JAKARTA - Bupati Agam Indra Catri mengatakan, daerahnya memiliki potensi alam yang indah dengan perpaduan tiga bentangan yakni gunung, danau dan laut. ”Tiga bentangan lanskap. Kami tak punya tambang yang melimpah, tapi kami punya keindahan alam. Makanya fokus kami adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM) baik yang akan tinggal di kampung maupun yang akan merantau. Pendidikan dan kesehatan,” tuturnya.

Dikatakan Indra, masyarakat harus memiliki empat kompetitif dasar. Pertama otak cerdas, iman kuat, badan sehat, dan memiliki sumber pendapatan yang jelas. ”Dengan begitu mereka bisa bekerja, punya kemampuan, baik di perdagangan, pertanian sehingga dia punya uang banyak. Itu warisan yang mengakar dari nenek moyang. Makanya kalau bikin apapun orang Agam tidak tanggung-tanggung. Sulaman yang mahal, durian kami kualitas tinggi, beras kualitas bagus. Kuliner Minangkabau itu sebagian besar dari Agam. Nah SDM ini core kami,” urainya.

Untuk menciptakan masyarakat yang sehat diperlukan sumber gizi yang memadahi. ”Makanya di halaman rumah ditanami sayuran untuk dimakan, di kebun untuk dijual. Semua lahan pekarangan produktif. Lingkungan bersih. Guru disekolahkan. Itu yang bisa kami andalkan. Kultur kami yang mengajarkan hanya manusia yang kuat maka biasa anak Agam masuk UI, ITB,” katanya.

Menurut Indra, kultur masyarakat Agam yaitu merantau sehingga diperlukan kemampuan yang memadahi. ”Kultur kami merantau karena gak ada cebong yang besar di kubangan, dia harus keluar. Kami harus menciptakan manusia yang kompetitif,” paparnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5149 seconds (0.1#10.140)