Langkah Kemendes PDTT Memperkuat Jejaring Antar Desa ASEAN

Kamis, 29 Agustus 2024 - 20:10 WIB
loading...
Langkah Kemendes PDTT...
Kemendes PDTT menyelenggarakan Pertemuan Tahunan ASEAN Villages Network (AVN) Kedua di Kota Batu dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Kamis (29/8/2024). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyelenggarakan Pertemuan Tahunan ASEAN Villages Network (AVN) Kedua di Kota Batu dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Acara ini merupakan lanjutan dari inisiatif ASEAN Villages Network yang diinisiasi oleh Kemendes PDTT pada tahun 2023 dan diadopsi oleh para pemimpin negara anggota ASEAN melalui KTT ke-42 di Labuan Bajo.

"Mudah-mudahan dengan acara ini kita bisa membangun jejaring ASEAN," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam keterangannya, Kamis (29/8/2024).

Menurutnya, ini merupakan upaya untuk menembus batas antar desa yang selama ini hanya fokus pada kerja sama antar desa di Indonesia. "Jadi diharapkan tidak ada pembatasan yang sifatnya geografis antar desa," jelasnya.

Acara yang digelar oleh Kemendes PDTT ini dihadiri oleh para pejabat Senior Officials Meeting on Rural Development & Poverty Eradication (Somrdpe) ASEAN, serta delegasi desa dari negara-negara anggota ASEAN yang termasuk dalam AVN.

Selain pertemuan tahunan AVN, Kemendes PDTT juga mengadakan dua agenda lain secara berkelanjutan, yaitu ASEAN Knowledge Sharing on Village Tourism Development dan Workshop on Optimizing Digital/Smart Village in Revitalizing Village Economy.

"Kedua kegiatan ini merupakan bagian dari ASEAN Framework Action Plan on Rural Development and Poverty Eradication," ucapnya.

Workshop on Optimizing Digital/Smart Village in Revitalizing Village Economy menghadirkan beberapa narasumber utama, termasuk Kepala Desa Duda Timur, Gede Pawana, yang mewakili Desa AVN Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Gede Pawana membahas "Best Practice Implementasi Desa Digital di Desa Duda Timur." Selain itu, perwakilan dari International Telecommunication Union (ITU) memberikan presentasi mengenai "Strategi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Kewirausahaan tingkat desa.

"Sementara itu, praktisi desa dari Purbalingga berbagi "Praktik Baik Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Desa untuk Memasarkan Produk Unggulan," ucap Gede Pawana.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)