Mayoritas Fraksi Dukung Bamsoet Pimpin MPR, Gerindra Ngotot Muzani

Kamis, 03 Oktober 2019 - 16:47 WIB
Mayoritas Fraksi Dukung Bamsoet Pimpin MPR, Gerindra Ngotot Muzani
Mayoritas Fraksi Dukung Bamsoet Pimpin MPR, Gerindra Ngotot Muzani
A A A
JAKARTA - Lobi-lobi antarpimpinan fraksi di MPR dan kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) masih terus dilakukan dalam pencalonan ketua MPR periode 2019-2024.

Kendati demikian, hingga kini di antara mereka belum menemukan kata musyawarah mufakat karena Gerindra masih bersikukuh mencalonkan Ahmad Muzani.

Padahal, delapan fraksi MPR ditambah kelompok DPD menyatakan dukungannya kepada calon Ketua MPR dari Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet).

“Delapan fraksi solid mendukung Bamsoet, tinggal melakukan musyawarah supaya dukungan menjadi lengkap. Seluruh fraksi koalisi (pemerintah-red) ditambah Demokrat, PKS, PAN solid mendukung pak Bambang Soesatyo. DPD juga mendukung pak Bambang tapi berkonsultasi ke DPD balik. Tapi sepakat dukung Bamsoet,” tutur Ketua Fraksi Nasdem di MPR, Johnny G Plate di sela-sela forum lobi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Menurut Johnny, hanya Gerindra yang saat ini masih bersikukuh untuk mencalonkan Muzani sebagai Ketua MPR. Karena itu, Muzani melakukan pembicaraan empat mata dengan Bamsoet dalam waktu setengah jam.

Setelah selesai, akan dilakukan kembali rapat antarpimpinan fraksi sembari menunggu kelompok DPD secara resmi memberikan surat dukungannya kepada Bamsoet.

“Mudah-mudahan kurang dari stengah jam sudah selesai. Kalau menurut saya tidak alot, hanya berdua berunding,” ucapnya.

Johnny mengakui mekanisme voting bukan hal yang diharamkan dalam demokrasi. Tetapi, MPR sebagai lembaga permusyawaratan seharusnya menunjukkan itu dalam pengambilan keputusannya terkait pemilihan Ketua MPR ini.

“Hari ini itu dibuktikan, apakah itu dengan voting, kalau itu dilalukan itu menjadi pengingkaran yang menjadi landasan dasar, pelebaran unsur pimpinan MPR,” tuturnya. *kiswondari
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6177 seconds (0.1#10.140)