Senin Depan, DPR dan KPU Bakal Putuskan Draf PKPU Pilkada Rujukan MK

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 16:42 WIB
loading...
Senin Depan, DPR dan...
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung. Foto/Danandaya Arya Putra
A A A
JAKARTA - Komisi II DPR menjadwalkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 dan 70/PUU-XXII/2024 terkait pilkada pada Senin (26/8/2024). Dalam pembahasan itu, DPR akan mengesahkan draf Peraturan KPU (PKPU) tentang Pilkada 2024 mengacu pada putusan MK.

“Saya ingin menyampaikan ya bahwa komisi II sudah menerima surat dari KPU terhadap rancangan Peraturan KPU yang terakhir soal pencalonan yang sudah berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi,” ujar Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung kepada wartawan, Jumat (23/8/2024).

"Insyallah besok hari Senin, kita akan tinggal putuskan saja, secara resmi, apa yang sudah disampaikan drafnya oleh KPU, dan DPR bersama pemerintah setuju terhadap draf yang disampaikan oleh KPU," sambungnya.





Oleh sebab itu, dia meminta berbagai pihak untuk tidak khawatir, soal RUU Pilkada yang sempat berbeda dimuat oleh Baleg. Sebab DPR akan memutuskan PKPU itu sesuai putusan terakhir yakni MK.

"Jadi tidak perlu ada kekhwatatiran, saya menegaskan bahwa insyaallah besok Senin," ujarnya.

Dia menjelaskan, KPU merupakan lembaga yang tugasnya adalah melaksanakan undang-undang. Oleh sebab itu, KPU pun akan melaksanakan UU yang berlaku untuk dijadikan rujukan.

"KPU juga sudah mempersiapkan draf peraturan teknisnya PKPU dan Bawaslu juga begitu. Itu nanti kita akan pergunakan dan kita setujui hari Senin dan itu yang berlaku," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)