Akhir Pekan Ini, PDIP Umumkan Cagub-Cawagub di Pilgub Jakarta 2024

Rabu, 21 Agustus 2024 - 06:41 WIB
loading...
Akhir Pekan Ini, PDIP...
Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun mengungkap pengumuman bakal dilakukan tak lama lagi karena sudah mendekati waktu pendaftaran. Foto/Instagram Komarudin Watubun
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal mengumumkan nama calon yang diusung pada beberapa daerah termasuk di Pilgub Jakarta 2024 pada 23-24 Agustus mendatang. Pengumuman para calon kepala daerah PDIP pada akhir pekan ini merupakan gelombang terakhir.

Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun mengungkap pengumuman bakal dilakukan tak lama lagi karena sudah mendekati waktu pendaftaran. Sehingga, PDIP harus segera mengumumkan calon terbaiknya.

"Ya, mungkin akhir-akhir Minggu ini tanggal 23-24 itu gelombang terakhir. Untuk keputusan-keputusan rekomendasi ke daerah. Kan ada mesti koalisi," kata Komarudin di Jakarta, Selasa (20/8/2024).





"Tapi dengan keputusan sore hari ini, MK, memberi ruang untuk semua calon bisa berkesempatan. Hanya lihat tinggal persentasenya. Tetap juga ada persentasenya. Tapi persentasenya lebih ringan," lanjutnya.

Dia mengatakan, belum ada pembahasan khusus di DPP PDIP setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal aturan baru dalam Pilkada 2024. Sebab dalam putusannya partai politik diperbolehkan baik secara mandiri atau gabungan mengusung calon kepala daerah tanpa memperhatikan perolehan kursi di DPRD.

"Ini kan putusan ini baru saja, jadi kita belum agendakan pembahasan khusus di sini paling tidak kita diskusikan. Ini keputusan yang sangat penguat terhadap kedaulatan rakyat. Jadi suara kaum tertindas didengar oleh MK. Jadi bukan didengar oleh Tuhan, tapi oleh MK," ujarnya.

Untuk nama-nama yang pada akhirnya bakal diusung dalam Pilkada Serentak 2024, termasuk calon Gubernur Jakarta, Komarudin memastikan keputusan tetap berada di Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Dalam kondisi darurat itu keputusan ada di tangan ketua umum. Hak prerogatif yang berbicara. Jadi anda tidak usah takut. PDIP pasti akan tiba saatnya, PDIP akan ajukan calon," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)