Siapkan Penerbang Tempur, Optimalkan Dassault Rafale

Selasa, 20 Agustus 2024 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Man behind the gun. Kalimat yang sangat mahsyur di dunia militer ini menggambarkan pentingnya kemampuan prajurit di balik sebuah senjata. Walapun senjatanya jadul atau kalah canggih dibanding milik lawan, namun jika personel yang memegang mahir, maka penggunaan senjata lebih presisi menyasar target ketimbang mereka yang kurang terampil.

Ilustrasi mudah dipahami ditunjukkan prajurit TNI AD dalam ajang tahunan Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM). Sejak berpartisipasi pada 2008, perwakilan TNI AD selalu menjadi kampiun. Fakta ini bukan hanya mengindikasikan kecanggihan senapan serbu SS2-V5 made in PT Pindad hingga bisa mengalahkan senjata terbaik dunia dan memilki nama besar buatan produsen alutsista utama dunia. Tak kalah penting, kapasitas menembak prajurit TNI AD terbukti berada di atas rata-rata prajurit infanteri negara maju seperti AS Inggris, Prancis dan Australia.

baca juga: Indonesia Sepakat Borong 42 Jet Tempur Rafale Prancis

Tentu saja membandingkan pengoperasian senjata serbu dengan pesawat tempur tidak apple to apple. Dari sisi harga, misalnya, penggunaan senjata serbu seperti SS2-V5 relatif tidak memiliki risiko karena harganya hanya berkisaran puluhan juta. edangkan satu unit pesawat Dassault Rafale, seperti disebut per unitnya berhaga sekitar Rp2,7 triliun. Bayangkan bila jatuh, berapa kerugian yang harus ditanggung. Belum lagi nilai intrinsik seorang pilot yang tentu tidak terukur.

Karena itulah, tidak sembarang orang bisa mendapat kualifikasi penerbang pesawat tempur. Mereka yang terpilih sudah pasti memiliki jasmani sehat, otak cerdas, dan mental tangguh. Satu lagi, seperti pernah disampaikan Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna saat masih menjabat Kepala Staf TNI AU, penerbang yang sudah mendapat kualifikasi penerbang tempur dituntut terus-menerus mengasah kemampuan dan knowledge karena tantangan tugas kian kompleks dan berat.

Profil seorang pesawat tempur yang tangguh dan terus meng-upgrade kapasitasnya hingga bisa siap kapanpun menerima tugas negara dicontohkan seorang prajurit penerbang Angkatan Laut AS, Letnan Pete ‘Maverick’ Mitchell. Lakon yang diperankan Tom Cruise -baik dalam Top Gun: Maverick yang dirilis 1986 maupun 2022- menggambarkan sosok pilot tempur andal yang menerbangkan pesawat tempur penuh keberanian demi menjalankan misi yang diberikan kepadanya.

Pada Top Gun: Maverick 1986, dia mampu menggeber pesawat F-14 Tomcat untuk melakukan dogfight dan beradu manuver dengan pesawat MIG-28 yang menjadi kebanggaan Uni Sovyet kala itu. Sedangkan pada Top Gun: Maverick 2022, Pete yang digambarkan usianya sudah bertambah 30 tahun mampu menerbangkan F/A-18F Superhornet dan melakukan manuver break the limit. Pada film teranyar, Pete juga kembali menggeber F-14 Tomcat, dan bahkan pesawat generasi 4 itu berhasil mempecundangi pesawat tempur generasi terbaru Rusia, Su-57.

Narasi yang disampaikan dalam sekuel Top Gun adalah keberadaan sosok di balik cockpit pesawat tempur atau man behind the gun sebagai orang terpilih, cerdas, kuat, pemberani, bermental baja, tak pernah berhenti belajar, bisa menerbangkan pesawat apapun, selalu siap menjalankan tugas, dan rela berkoban demi negara. Profil penerbang tempur sempurna seperti dalam film Top Gun inilah idealnya melekat pada setiap penerbang tempur TNI AU.

baca juga: Pembelian Rafale dan Pengembangan SDM Iptek

Personifikasi penerbang tempur yang sempurna tentu hanya sekadar khayalan film Hollywood. Tetapi bukan berarti penerbang tempur TNI tidak bisa meniru sosok Pete ‘Maverick’ Mitchell. Level tersebut bisa dicapai tentu dengan latihan terus-menerus, termasuk untuk menerbangkan pesawat Dassault Rafale. Selama ini penerbang tempur TNI AU baru berpengalaman menerbangkan pesawat generasi 4.0 seperti F-16, Su-27, Su-30, TA-50. Sedangkan Dassault Rafale sudah masuk kategori generasi 4.5.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)