Gastronomi Jadi Jalan Diplomasi Mantan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 15:32 WIB
loading...
A A A
Cucu dari Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Nadia Habibie membocorkan hidangan makanan yang menjadi favorit eyangnya. Nadia mengatakan, BJ Habibie suka sekali dengan makanan yang asin dan pahit seperti ikan asin dan juga olahan pare. Hal itu lantaran eyangnya lahir dan besar di Sulawesi Utara, hal itu menurut Nadia cukup memengaruhi selera makanan eyangnya.

"Eyang Habibie itu cenderung lebih suka rasa asin dan rasa pahit. Kenapa, Karena beliau sebetulnya dibesarkan dari orang tua yang memang pernah tinggal di Sulawesi, kemudian background beliau yang sederhana membuat banyak makanan-makanan seperti ikan asin yang merupakan makanan favorit beliau," tutur Nadia.

Wanita lulusan University of Chicago itu menuturkan, saking cintanya dengan ikan asin, Habibie suka mencampurkan ikan asin saat menyantap bubur Manado. Selain itu, Nadia juga menyebut setiap kali ada sajian di Wisma Habibie & Ainun, kerap dihidangkan tahu dan tempe yang asin.

“Selain asin, eyang juha suka cita rasa yang pahit. Eyang suka baget makan pare, lalu kalau di Wisma Habibie & Ainun, eyang suka banget meminya dibuatkan kerupuk yang sedikit gosong supaya ada rasa pahitnya," jelas Nadia.

Sama seperti masyarakat Indonesia kebanyakan, Nadia menyebut Habibie juga menyukai sambal, dan sambal favorit Habibie adalah sambal buatan Ibu Satia ART di kediamannya dan itu sering dihadirkan ketika menjamu tamu Kepala Negara lain.

“Dan juga yang eyang suka ada sambel khasnya Ibu Satia yang menggunakan banyak jeruk limau. Kenapa jeruk limau karena itu memberikan rasa fresh. Dan itu berfungsi sebagai pembersih mulut sekaligus melengkapi hidangan agar menjadi lebih sempurna dan dari makanan ini juga digunakan eyang untuk menjamu tamu kepala negara lain," ujar Nadia.

Inayah Wahid putri Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur punya banyak cerita menarik soal kecintaannya ayahnya dengan makanan. Dengan lantang mengatakan Gus Dur memang hobinya makan. Tak hanya itu, menurut Inayah, ayahnya tahu banyak soal sejarah makanan. Beliau tidak hanya bilang enak atau tidak enak soal makanan.

“Saya lagi mendata tempat makan favorit Gus Dur. Ternyata banyak banget. Data makanan enak, terutama street food, sangat lengkap," kata Inayah.

Dari berbagai makanan favorit Gus Dur, makanan khas Jawa Timur lah yang menjadi primadona. Beliau disebut sangat menyukai hidangan yang gurih seperti rujak cingur, olahan kikil, hingga lontong kupang.

Senada dengan puti Soekarno dan Nadia Habibie, putri bungsu Gus Dur ini mengungkapkan gastronomi kuliner ini digunakan ayahnya untuk berdiplomasi menyambut tamu negara lain yang mana menyajikan makanan tradisonal khususnya makanan khas Jawa Timur
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)