Kloter 15 BPN ke Madinah, Operasional Daker Mekkah Berhenti

Jum'at, 06 September 2019 - 21:31 WIB
Kloter 15 BPN ke Madinah, Operasional Daker Mekkah Berhenti
Kloter 15 BPN ke Madinah, Operasional Daker Mekkah Berhenti
A A A
MEKKAH - Masa operasional Daerah Kerja (Daker) Mekkah telah usai setelah tujuh kelompok terbang (kloter) jamaah haji terakhir bergeser ke Madinah, Jumat (6/9/2019). Kloter 15 Embarkasi Balikpapan (BPN) menjadi yang paling terakhir diberangkatkan dari Mekkah.

Kloter terakhir itu dilepas oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali dari Hotel 905 Rea Bakhsy Mekkah.

Ikut mendampingi dalam pelepasan itu Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi Dasir dan Kepala Daker Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, Subhan Cholid.

"Alhamdulillah kita telah selesai melakukan seremoni pelepasan jamaah terakhir BPN 15. Jadi kalau ditotal, ini kloter 529 dari 529 kloter yang ada," kata Nizar Ali.

Dirjen mengimbau jamaah haji selalu menjaga kesehatannya selama di Madinah. Jamaah akan menjalani ziarah ke tempat-tempat bersejarah dan melaksanakan sunah Arbain atau salat 40 waktu di Masjid Nabawi.

Ketika tiba di Tanah Air, jamaah diharapkan menjaga kemabruran haji dengan meningkatkan kepekaan sosial dan selalu menebar kedamaian kepada sesama. "Jadi dua itulah yang kami tekankan kepada jemaah haji," katanya.

Nizar juga meminta jamaah haji selalu menimba ilmu dengan menggelar pengajian rutin bulanan antar sesama persaudaraan haji. Sehingga nilai-nilai haji bisa terpatri dalam lubuk sanubari jemaah sekalian.

Selain kloter 15 BPN, ada enam kloter lain yang diberangkatkan ke Madinah hari ini. Mereka adalah Kloter UPG 39, Kloter MES 22, Kloter SOC 96, Kloter UPG 40 Kloter BDJ 19, Kloter SOC 97, dan Kloter BPN 15.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4849 seconds (0.1#10.140)