Apresiasi Kepala Daerah Tangani Covid-19, KORAN SINDO dan SINDOnews Gelar KDI 2020

Selasa, 25 Agustus 2020 - 18:09 WIB
loading...
Apresiasi Kepala Daerah Tangani Covid-19, KORAN SINDO dan SINDOnews Gelar KDI 2020
KORAN SINDO dan SINDOnews.com kembali menggelar KDI. Acara ini untuk memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang melakukan inovasi dan terobosan dalam membangun daerahnya. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - KORAN SINDO dan SINDOnews.com kembali memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang melakukan inovasi dan terobosan dalam membangun daerahnya. Berbeda dengan sebelumnya, ajang tahunan yang diberi nama Kepala Daerah Inovatif (KDI) kali ini digelar secara virtual melalui channel YouTube SINDOnews, Rabu (23/8/2020).

Gelaran KDI secara virtual ini berkaitan dengan adanya pandemi Covid-19 . Pada KDI 2020 ini, KORAN SINDO dan SINDOnews.com memberikan apresiasi kepada 18 kepala daerah yang terdiri dari 11 bupati, 4 wali kota, dan 3 gubernur. (Baca juga: Kemendagri Harap KDI 2019 Memotivasi Kepala Daerah)

Bertemakan Bangkit dari Pandemi, KDI mencoba membidik upaya kepala daerah mengatasi fenomena ini. Tidak hanya pendekatan kesehatan ataupun ekonomi, namun beberapa daerah melakukan pendekatan sosial budaya atau melakukan pembenahan di tata kelola pemerintahan. (Baca juga: Desa di Seluruh Indonesia Disiapkan Memiliki Akses Internet)

Langkah-langkah inovatif beberapa daerah ini perlu terus didorong agar para pemangku di pemerintah daerah semakin percaya diri dan melakukan koreksi. KORAN SINDO dan SINDOnews.com sebagai salah satu media nasional terbesar mempunyai tanggung jawab untuk mendorong inovasi ini.

Caranya dengan memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang sedang melakukan inovasi. Dorongan ini diwujudkan dalam apresiasi KDI 2020 dan mengambil tema Bangkit dari Pandemi. (Baca juga: Pandemi Covid-19 Picu Kebangkitan Riset dan Inovasi Dalam Negeri)

Pemimpin Redaksi KORAN SINDO dan SINDONews.com Djaka Susila mengatakan, inovasi harus menjadi napas bagi semua organisasi termasuk pemerintahan. Apalagi ketika terjadi krisis, inovasi harus semakin dipacu karena krisis memunculkan ketidakpastian sosial.

Pandemi Covid-19 yang dialami bangsa ini dan bangsa-bangsa dunia adalah bentuk krisis yang memunculkan ketidakpastian. Untuk bisa mentas dari pandemi ini tentu dibutuhkan upaya yang luar biasa. Organisasi pemerintah sebagai tulang punggung bangsa Indonesia telah berupaya untuk bisa keluar dari jeratan pandemi ini. “Pemerintah daerah menjadi garda terdepan dari pemerintahan saat ini untuk bisa bangkit dari pandemic,” kata Djaka Susila.

Pemberiaan apresiasi inovasi kepada kepala daerah ini diharapkan para kepala daerah semakin percaya diri dalam melakukan inovasi. Apresiasi ini juga diharapkan bias menjadi kontrol bagi pemerintah daerah untuk terus melakukan perubahan, terutama di masa pandemi ini.

Berikut daftar kepala-kepala daerah yang meraih KDI 2020:
Kategori Ekonomi
1. Eliaser Yentji Sunur, ST, MT (Bupati Lembata)
2. H. Herman Deru, S.H., M.M (Gubernur Sumatera Selatan)
3. H. M. Irsyad Yusuf, SE, MMA (Bupati Pasuruan)
4. Drs. Nikson Nababan, M.SI (Bupati Tapanuli Utara)
5. H. Marten A Taha, SE., M.EC. DEV (Wali Kota Gorontalo)

Kategori Kesehatan
1. Dr. H. Dodi Reza Alex Noerdin, LIC.ECON., M.B.A (Bupati Musi Banyuasin)
2. Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.KN (Wali Kota Tangerang Selatan)
3. Dr. (HC) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D (Gubernur Jawa Barat)
4. H. Sutarmidji, S.H., M.hum (Gubernur Kalimantan Barat)
5. Mohammad Asrar Abdul Samad, SE (Bupati Morowali Utara)
6. H. Oded Muhammad Danial, S.A.P (Wali Kota Bandung)
7. Dr. Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP (Bupati Pasangkayu)

Kategori Sosial Budaya
1. H. Helmi Hasan, SE (Wali Kota Bengkulu)

Kategori Tata Kelola Pemerintahan
1. H. Jeje wiradinata (Bupati pangandaran)
2. Drs Raslim (Bupati Morowali)
3. Drs. M. Yasin Payapo, M.Pd (Bupati Seram Bagian Barat)
4. Elisa Kambu, S.Sos Bupati Asmat)
5. Benyamin Thomas Noach, ST (Bupati Maluku Barat Daya)
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2915 seconds (0.1#10.140)