7 Jenderal Polisi Lolos Tes Tertulis Capim KPK, Nomor 3 Jabat Dua Kapolda Berbeda

Selasa, 13 Agustus 2024 - 15:20 WIB
loading...
7 Jenderal Polisi Lolos...
Sederet jenderal polisi ikut seleksi calon pimpinan (capim) KPK. Tujuh di antaranya telah dinyatakan lolos tes tertulis. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada sederet jenderal polisi ikut seleksi calon pimpinan ( capim) KPK . Tujuh di antaranya telah dinyatakan lolos tes tertulis.

Sebelumnya, Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) mengumumkan nama-nama yang lolos tes tulis. Hal ini diketahui dari surat pengumuman Pansel KPK nomor 47/PANSEL-KPK/08/2024 8 Agustus 2024 yang ditandatangani Ketua Pansel KPK M Yusuf Ateh.

Pada bagian lampiran, terdapat 40 capim KPK yang lolos. Dari puluhan nama itu, ada setidaknya tujuh jenderal dan purnawirawan polisi yang lolos tahap tes tulis. Siapa saja mereka?


Jenderal Polisi yang Lolos Tes Tertulis Capim KPK

1. Irjen Pol Djoko Poerwanto - Kapolda Kalteng

Irjen Djoko Poerwanto lahir di Pekalongan, Jawa Tengah pada 7 November 1967. Lulusan Akpol 1989 ini dulunya mengawali karier sebagai Pamapta Polres Bekasi.

Pada sepak terjangnya, Djoko sudah tidak asing dengan penanganan korupsi. Dia pernah menjadi Pamen Bareskrim Polri (Penugasan Pada KPK), Kabagops Dittipidkor Bareskrim Polri (2012), Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri (2013), Wadirtipidkor Bareskrim Polri (2018) hingga Dirtipidkor Bareskrim Polri (2019).

Kariernya semakin moncer ketika ditunjuk menjadi Kapolda Kapolda Nusa Tenggara Barat pada 2021. Setahun lebih berselang, Djoko dirotasi menjadi Kapolda Kalimantan Tengah (2023-sekarang).

2. Irjen Pol Didik Agung Widjanarko - Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK

Irjen Pol Didik Agung Widjanarko merupakan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK.

Melihat ke belakang, posisi itu didapat Didik pada Juli 2022. Sebelumnya, dia juga sempat menempati jabatan lain seperti Direktur Koordinasi dan Supervisi (Koorsup) Wilayah I KPK.

3. Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi - Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara/Sestama BIN

Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) Polri. Dia merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 dan berpengalaman dalam bidang reserse.

Pada catatan karier kepolisiannya, Agung telah banyak menduduki jabatan penting, baik di dalam maupun luar struktur Polri. Di antaranya adalah Dirtipideksus Bareskrim Polri (2016), Deputi VI Bidang Intelijen Siber BIN (2018) hingga Asops Kapolri (2021).

Lebih jauh, jenderal polisi bintang 3 itu juga pernah menjadi Kapolda di 2 daerah berbeda. Masing-masing Kapolda Riau (2019-2021) dan Kapolda Sumatera Utara (2023-2024).

Kurang dari setahun menjabat sebagai Kapolda Sumut, Agung mendapat promosi menjadi Sekretaris Utama (Sestama) BIN pada Juni 2024. Waktu itu, dia menggantikan Bambang Sunarwibowo.

4. Komjen Pol R.Z Panca Putra S - Sekretaris Utama Lemhannas

Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak lahir di Balige, Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada 19 Januari 1969. Sejak September 2023, dia dipercaya menempati jabatan Sekretaris Utama (Sestama) Lemhannas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)