BPKH Gandeng Muhammadiyah Perluas Program Kemaslahatan Umat

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 18:26 WIB
loading...
BPKH Gandeng Muhammadiyah...
BPKH melalui anak usahanya, Bank Muamalat mengandeng Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebagai langkah penting untuk memperluas program kemaslahatan umat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui anak usahanya, Bank Muamalat mengandeng Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebagai langkah penting untuk memperluas program kemaslahatan umat. Penandatanganan nota kesepahaman antar kedua pihak dilaksanakan di Yogyakarta.

Turut hadir Direktur Bank Muamalat, Karno dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir beberapa waktu lalu. Kerja sama ini mencakup dua ruang lingkup utama.



Pertama, pemanfaatan jasa dan program Corporate Social Responsibility (CSR) bank Muamalat untuk mendukung pengembangan cabang, ranting, dan masjid yang dikelola Muhammadiyah.

Kedua, Bank Muamalat akan menggandeng lembaga zakat nasional milik Muhammadiyah, Lazismu, dalam berbagai program yang berfokus pada pengelolaan keuangan dan dukungan zakat.

“Program yang telah didukung BPKH, seperti pendirian Masjid At-Tanwir di Menteng, Pondok Pesantren Muallimin, dan RS Bandung Barat menjadi bukti nyata sinergi yang terjalin antara BPKH dan Muhammadiyah,” ujar Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah dalam keterangannya, Jumat (9/8/2024).

Sebagai bagian dari kerja sama ini, Bank Muamalat berkomitmen menyediakan pembiayaan Rp2 triliun untuk pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), yang mencakup rumah sakit, perguruan tinggi, pondok pesantren, dan masjid.

Aspek penting lainnya adalah pengelolaan keuangan dan program aggregator haji. Bank Muamalat akan mensosialisasikan serta mengelola keuangan terkait haji di lingkungan Muhammadiyah, untuk memastikan proses yang aman, terjangkau, dan mudah diakses oleh jemaah.



Prototipe kerja sama ini diharapkan dapat membawa manfaat yang signifikan dalam memajukan, mencerdaskan, dan mensejahterakan bangsa.

“Dengan langkah strategis ini, BPKH berharap dapat terus berkontribusi meningkatkan kualitas hidup umat melalui berbagai inisiatif yang berfokus pada kebaikan bersama,” tutur Fadlul.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)